Sukses

Beauty

4 Bahan Dapur yang Efektif untuk Mengobati Luka Bakar Ringan

Saat lagi asyik memasak di dapur, kadang kita tak bisa menghindari kecelakaan kecil. Seperti terkena cipratan minyak panas dan tak sengaja memegang panci atau wajan yang masih membara. Kulit pun jadi melepuh dan terkena luka bakar ringan.

Mungkin selama ini kita berpikir kalau "obat" yang bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar adalah odol. Tapi ternyata ada bahan-bahan dapur lain yang bisa lebih efektif mengatasi luka bakar. Seperti bahan-bahan berikut ini.

Cuka Dapur
Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, cuka makan bisa cukup efektif mengatasi luka bakar. Hal ini karena cuka mengandung asam asetat yang bisa bantu meredakan rasa sakit dan radang akibat luka bakar. Untuk menggunakannya cukup mudah, tinggal celupkan kapas atau kain bersih ke cairan cuka, lalu oleskan atau tepuk-tepukkan ke permukaan kulit yang terkena luka bakar.

Copyright boldsky.com

Madu
Madu juga diyakini bisa bantu mengatasi luka bakar. Dengan kandungan antibiotiknya, madu juga bisa bantu membunuh mikroorganisme dan bakteri di area luka bakar. Setelah luka diolesi madu, jangan diperban atau dibebat karena nantinya malah makin lengket. Olesi luka dengan madu secara rutin sampai luka benar-benar sembuh dan sel-sel mati tergantikan dengan sel-sel baru.

Copyright boldsky.com

Putih Telur
Makin cepat luka bakar diolesi dengan putih telur, maka peluang sembuhnya makin cepat juga. Caranya tinggal ambil putih telur secukupnya, kocok lepas, lalu oleskan secara merata ke luka bakar. Putih telur ini berfungsi untuk meredakan perihnya luka bakar sekaligus mengatasi kulit yang kemerahan.

Copyright boldsky.com

Kunyit
Basuh luka bakar dengan air yang mengalir, keringkan dengan handuk bersih sebentar, lalu oleskan kunyit yang sudah ditumbuk atau diparut yang dilarutkan dengan air sedikit. Kunyit dikenal juga sebagai agen antiseptik alami sehingga diyakini bisa mengatasi luka bakar secara efektif.

Copyright boldsky.com

Itu tadi empat bahan dapur yang bisa kamu gunakan sebagai "obat alami" untuk meredakan luka bakar ringan. Ada baiknya setelah itu kamu berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik. Semoga infonya bermanfaat, ladies.

(vem/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut