Sukses

Beauty

Wanita Perlu Tahu, Ini Tanda-Tanda Kamu Punya Miom

Sebagian besar wanita akan mengalami miom dan kista, terkadang tanpa disadari. Bahkan diketahui 75% wanita pernah mengalami miom. Seperti dijelaskan dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario, SpOG, miom adalah tumor jinak yang tumbuh di otot uterus atau dinding rahim.

Jika memang sering terjadi tapi mengapa kebanyakan wanita tak menyadarinya? Ini karena pada kenyataannya, pertumbuhan miom sangat kecil dan tidak menimbulkan masalah, sehingga sebagian besar wanita tak tahu jika memilikinya. Tapi beberapa kasus, miom bisa berkembang jadi tumor ganas yang bisa menimbulkan masalah kesuburan, dan gangguan kehamilan.

Dikutip dari Health.com, Charles Ascher-Walsh, MD, mengungkapkan tanda-tanda yang bisa dilihat jika kamu punya miom.

Umumnya tumor jinak ini terjadi selama wanita berada di usia produktif, tapi lebih besar kemungkinannya di usia 30-40an tahun. Karena tumbuh di dinding rahim, gejala yang bisa dirasakan adalah tidak teraturnya menstruasi dan menstruasi yang berat dan menyakitkan.

Umumnya pertumbuhan miom sangat lambat, tapi jika tumbuh besar, bisa menimbulkan rasa sakit di perut, area pinggul dan bahkan sering buang air kecil karena menekan kantung kemih.

Tumor yang tumbuh di mulut rahim bahkan bisa menyebabkan sulit hamil karena menghambat jalannya sel telur bertemu sperma, dan timbulnya rasa nyeri yang luar biasa ketika menstruasi dna melakukan hubungan intim.

Jadi, jika kamu merasakan tanda atau gejala-gejala di atas dan khawatir dengan kesehatan, pastikan kamu memeriksakan diri ke dokter kandungan ya ladies.

(vem/feb)
Atta Halilintar dan Aurel Dikritik Gara-gara Bunga Edelweis
Loading
Artikel Selanjutnya
Terlalu Lama Menyusui Berisiko Tinggi Membuat Gigi Anak Berlubang
Artikel Selanjutnya
7 Lokasi di Jakarta akan Padamkan Lampu di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021