Sukses

Beauty

Manfaat Pepaya untuk Kecantikan, Penting Nih

Ada berbagai keuntungan tinggal di negara tropis, selain memiliki jenis tanah yang lebih subur, kita juga dimanjakan dengan kekayaan sumber daya alam. Tidak hanya kekayaan alam pertambangan dan minyak bumi saja, dari segi pangan Indonesia juga kaya akan jenis buah-buahan tropis yang memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh. Salah satunya adalah buah pepaya. Buah yang memiliki sebutan Fruit of the Angels ini menyimpan banyak manfaat bagi tubuh, dan juga kulit. Jadi mulai sekarang yuk lebih rutin memanfaatkan buah pepaya, baik digunakan secara topikal maupun mengonsumsinya secara langsung.

1. Melembapkan kulit

Kamu yang memiliki jenis kulit kering harus mulai bersahabat dengan buah pepaya, nih, Pasalnya kandungan pada pepaya memiliki kemampuan melembapkan kulit dengan baik, bahkan tampilan kulit kering yang pecah-pecah bisa kembali kenyal dan lembap dengan rutin memanfaatkan buah pepaya. Coba lakukan perawatan masker dengan mencampurkan 1 sendok makan pepaya yang sudah dihancurkan dan 1 sendok teh madu, maskerkan pada wajah selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

2. Mengatasi Jerawat 

 

BANILA CO CLEAN IT ZERO DAN SON&PARK BEAUTY WATER | copyright sociolla.com

BANILA CO CLEAN IT ZERO DAN SON & PARK BEAUTY WATER

Berbagai produk perawatan dari Korea yang banyak mendapat respon positif umumnya memanfaatkan kandungan pepaya. Bukan tanpa sebab, karena pepaya memiliki kandungan vitamin A, C, E dan kaya anti-oksidan. Maka tak heran jika buah pepaya juga memiliki kemampuan untuk meredakan breakout sekaligus mencegah jerawat kembali datang. Kandungan enzim papain yang ada pada pepaya jadi salah satu bahan terbaik dalam meredakan dan mencegah break out. Jika ingin melakukan dengan cara natural coba manfaatkan buah pepaya matang yang dihancurkan dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Baca juga: Ingin Kulit Bersih Bebas Jerawat dan Komedo? Simak 5 Pilihan Produk Korea dengan Kandungan BHA Berikut!

3. Memudarkan Bekas Jerawat

Jika jerawat yang sempat meradang meninggalkan bekas berupa noda kemerahan maupun noda gelap, kamu bisa menggunakan pepaya untuk atasi masalah ini. Kandungan beta-karoten, enzym dan phytochemicals yang ada pada pepaya dikenal ampuh mengembalikan pigmentasi kulit wajah karena memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pergantian sel kulit mati. Hasilnya tampilan kulit akan terlihat lebih cerah dan lembut.

Baca juga: 5 Produk Skin Care Untuk Mengatasi Bekas Jerawat

4. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya dagingnya saja, bagian kulit pepaya juga menyimpan banyak khasiat, loh. Terutama untuk mengatasi masalah kerutan dan garis halus di wajah. Pepaya disebut memiliki kemampuan yang setara dengan produk berbahan retinol. Bagian kulit pepaya memiliki kandungan enzym yang efektif mengangkat sel kulit mati ke permukaan kulit dan menggantinya dengan sel kulit baru. kamu bisa mencoba menggosok kulit pepaya ke area wajah dan leher dengan gerakan lembut. Lakukan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

5. Memudarkan Lingkar Hitam pada Mata

Memanfaatkan daging buah pepaya hijau bisa jadi cara ampuh untuk mengatasi lingkar hitam di area mata. Hal ini terjadi karena pepaya merupakan buah yang memiliki kemampuan baik dalam mengembalikan pigmentasi kulit. Manfaat yang sama juga bisa dirasakan area kulit sekitar mata yang cenderung lebih tipis dan sensitif. Cukup ambil 1/4 gelas pepaya yang sudah dihancurkan lalu letakan di area bawah mata dan diamkan selama 10 menit. Gosok secara lembut dengan jari manis sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan lingkar hitam yang membandel.

Baca juga: 4 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Enyahkan Mata Panda

(vem/sociolla/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Dry Shampoo Alami dengan Cuka Apel
Artikel Selanjutnya
Rambut Makin Lembut dan Berkilau Berkat Bunga Sepatu