Sukses

Beauty

Bukan Makeup, Yang Bisa Buat Kamu Cantik Awet Muda Adalah Ini...

Kamu pasti tahu bahwa menjaga kecantikan kulit bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari cara yang murah dan sehat hingga yang instan dan mahal. Tapi jika kamu mencari cara yang sehat, olahraga lari bisa jadi jawabannya.

Dalam penelitian The DERMAdoctor Skinstruction ManualĀ yang ditulis oleh Audrey Kunin, MD, dermatologis asal Kansas City, olahraga lari bisa membuat pori-pori melebar, dan ketika suhu tubuh meningkat dan tubuh berkeringat, keringat mengusir kotoran dan minyak yang terperangkap di kulit.

Bukan hanya membakar kalori, lari juga mengurangi peradangan di seluruh tubuh, membantu mengatur hormon penting kulit dan mencegah kerusakan radikal bebas. Saat berolahraga, arteri kecil di kulit terbuka, memungkinkan lebih banyak darah mencapai ke permukaan kulit dan memberikan nutrisi untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan polusi lingkungan.

Nutrisi ini juga meningkatkan produksi kolagen kulit, menghambat keriput. "Seiring bertambahnya usia, fibroblas (sel penghasil kolagen di kulit) semakin malas dan jumlahnya lebih sedikit," kata Kunin. "Tapi nutrisi yang diberikan ke kulit saat berolahraga membantu fibroblas bekerja lebih efisien, jadi kulit Anda terlihat lebih muda."

Lari bisa membuat kulit kencang bebas keriput/ copyright Shutterstock.com

Melissa Kanchanapoomi Levin, dermatologis asal New York City juga mengatakan dalam Allure.com bahwa olahraga lari menurunkan tingkat hormon stres kortisol, yang bisa bermanfaat untuk kondisi kulit kronis seperti eksim, psoriasis, dan jerawat.

Lari lima mil sama halnya menggantikan perawatan spa, karena suhu tubuh yang meningkat saat lari dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga memberikan sejumlah besar oksigen dan nutrisi ke kulit. Peningkatan aliran darah membantu sel-sel kulit beregenerasi dan meningkatkan produksi kolagen. Dengan kata lain, bisa menjadi anti penuaan dini.

Itulah mengapa, kulit jadi lebih sehat, kencang dan bersih jika kamu rajin olahraga lari. Jadi, jangan hanya mengandalkan makeup saja, karena ternyata ada cara lebih alami untuk bisa cantik awet muda, yaitu rajin olahraga lari.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Untuk Pembakaran Kalori yang Maksimal, Lakukan Olahraga pada Waktu Ini
Artikel Selanjutnya
Migrain Selama Menstruasi, Cegah dengan Cara Sederhana Ini!