Sukses

Beauty

Rambut Beruban di Usia 20an? Yuk Kenali Penyebabnya!

Pernahkah kamu menemukan sehelai rambut yang sudah memutih dari kulit kepala kamu? Padahal, kamu terbilang masih sangat mudah untuk memiliki rambut yang memutih. Mengenai rambut memutih atau beruban di usia muda bukan suatu hal yang baru lagi. Ini bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan di mana saja.

Ada beberapa penyebab kenapa rambut bisa beruban di usia yang sangat muda atau dini. Dikutip dari laman prevention.com, inilah beberapa penyebab kenapa rambut rentan beruban di usia muda (20an).

Stres
Sadar atau tidak, stres menjadi pemicu dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Tidak terkecuali menyebabkan masalah rambut beruban. Ya, stres atau tertekan bisa menghambat produksi melanin yang berfungsi untuk menjaga warna rambut agar awet hitam. Selain stres, berpikir terlalu keras dan berat juga memicu rambut beruban di usia muda.

Merokok
Tak hanya meningkatkan risiko kanker, obesitas, gangguan jantung, ginjal dan paru-paru, merokok juga meningkatkan risiko masalah kesehatan kulit, mata dan rambut. Penelitian menyebutkan bahwa merokok bisa menyebabkan rambut mudah beruban di usia dini. Zat kimia yang terkandung dalam rokok juga membuat rambut terlihat kusam, kering dan kasar.

Genetik
Genetik menjadi penyebab paling sering kenapa rambut cepat dan mudah beruban. Cepatnya pertumbuhan uban sudah tersimpan dalam kromosom yang diwariskan orang tua ke anak. Jika orang tua mengalami rambut beruban di usia muda, kemungkinan besar anak akan mengalami hal yang sama dengannya.

Nutrisi & Masalah Kesehatan
Gizi buruk bisa berpotensi meningkatkan risiko rambut beruban di usia muda. Kekurangan vitamin B-12, protein, vitiligo, tiroid, anemia dan masalah kelenjar lainnya menjadi penyebab lain dari tumbuhnya uban di kulit kepala.

Etnis & Gender
Studi yang dilakukan oleh para ahli kulit di Inggris tahun 2011 menemukan bahwa beberapa jenis etnis dan gender berpengaruh besar terhadap risiko rambut beruban di usia muda. Orang bule atau kulit putih, rambutnya akan beruban di usia tiga puluhan, sementara orang Amerika, Asia dan Afrika rambutnya akan beruban mulai usia empat puluhan tahun.

Kebersihan Rambut & Kulit Kepala
Rambut dan kulit kepala bersih akan membuat rambut terlihat awet terjaga, terawat dan cantik. Sebaliknya, rambut dan kulit kepala yang kotor akan memperburuk kondisi rambut, meningkatkan risiko rambut beruban dan masalah lain seperti rambut rontok, patah, bercabang hingga kering serta kusam.

Itulah beberapa penyebab rambut beruban di usia muda. Semoga informasi ini bermanfaat.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading