Sukses

Health

Ternyata Sakit Gigi Bisa Disebabkan oleh 7 Makanan dan Minuman Ini

Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi? Pastinya harus rajin sikat gigi. Tapi tidak hanya itu saja, kita juga perlu memperhatikan jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Karena jenis makanan dan minuman tertentu ternyata bisa jadi biang keladi atau pemicu sakit gigi.

Kalau ingin terhindar dari sakit gigi, penting untuk membatasi konsumsi jenis makanan dan minuman penyebab sakit gigi. Tentu saja, boleh sih mengonsumsinya tapi jangan sampai berlebihan. Seperti beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini.

 

 

1. Permen dan Aneka Gula-Gula

Kalau ingin gigi yang sehat, batasi konsumsi aneka permen dan gula-gula manis. Atau kalau sudah makan permen dan yang manis-manis, jangan lupa untuk menggosok gigi agar gigi tidak berlubang. Kalau ingin menikmati permen, pilih yang kandungan gula atau pemanisnya sedikit saja.

2. Teh dan Kopi

Minuman teh dan kopi bisa meninggalkan noda di gigi. Dilansir dari Boldsky, kandungan asam tanat dalam kopi bisa memengaruhi email gigi dan membuat gigi jadi kekuningan atau kecokelatan. Belum lagi dengan kandungan gula dalam teh atau kopi yang bisa memicu perkembangan bakteri di gigi. Kalau ingin pilihan yang lebih aman, kamu bisa memilih teh hijau yang juga memiliki kandungan yang dapat mencegah bau mulut serta mencegah gigi berlubang. Tapi tenang saja, kamu tetap bisa menikmati teh atau kopi, asal tidak lebih dari 3 cangkir per harinya.

3. Buah-buahan Asam

Aneka buah yang memiliki rasa asam kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Tubuh kita memang membutuhkannya, tapi jangan sampai berlebihan mengonsumsinya karena kandungan asam buah-buahan bisa membuat lapisan email menipis bahkan bisa membuat gigi berlubang. Bukan berarti kita tak boleh mengonsumsi buah-buahan asam, hanya saja pastikan setiap kali selesai mengonsumsi buah-buahan asam, kamu minum air putih atau berkumur dengan air bersih. Lalu tunggulah 30 menit terlebih dahulu, baru sikat gigi seperti biasa.

4. Minuman Bersoda dan Berpemanis

Sebagian besar minuman bersoda mengandung asam dan gula yang kurang baik untuk gigi. Selain gula, minuman ringan biasanya mengandung fosfor dan asam sitrat yang dapat menipiskan email gigi. Biar gigi tidak mudah berlubang, minum dan berkumurlah dengan air putih setiap kali selesai menikmati minuman bersoda atau berpemanis.

5. Acar

Lagi-lagi biang masalahnya adalah kandungan asam di dalam acar. Acar biasanya mengandung cuka yang tinggi, dan  kandungan asam inilah yang bisa merusak gigi. Kandungan asam tersebut bisa merusak email gigi dan membuat gigi gampang mengalami masalah. Salah satu cara untuk tetap bisa menikmati acar tanpa takut sakit gigi adalah dengan mengonsumsi keju sesudahnya karena kandungan kalsium dalam keju bisa menetralkan kandungan asam dalam cuka.

6. Keripik

Keripik memang menjadi camilan yang paling enak. Tapi hati-hati bila kemudian sisa keripik nyangkut di gigi. Bila gigi tidak segera dibersihkan, bakteri bisa berkembang biak dan menyebabkan masalah gigi. Belum lagi dengan kandungan pati dalam keripik yang kemudian akan diubah jadi gula dalam waktu cepat oleh enzim yang terdapat di dalam air liur.

7. Makanan lengket

Makanan yang lengket juga bisa menyebabkan sakit gigi karena sisa makanan yang menempel di gigi bisa jadi sarang bakteri untuk berkembang. Untuk yang punya gigi sensitif, perlu hati-hati juga dengan es batu karena bisa merusak kandungan email gigi dan membuat gigi gampang patah.

Makanan sehari-hari kita pastinya mengandung bahan-bahan seperti yang disebutkan di atas. Poin penting yang perlu digarisbawahi di sini adalah untuk selalu rajin menggosok gigi setiap 3 kali sehari dan segera minum air setelah makan. Ada baiknya juga selalu memeriksakan gigi secara rutin ke dokter ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading