Sukses

Beauty

5 Perubahan Ini Terjadi Pada Miss V Setelah Kamu Melahirkan, Moms!

Sebagai wanita, kamu pasti bangga bisa hamil dan melahirkan, karena banyak wnaita berusaha keras untuk bisa hamil dan memiliki buah hati. Ketika kamu sudah melaluinya, kamu merasa lengkap, kamu merasa kamu adalah wanita sesungguhnya.

Tentu saja, hamil dan melahirkan bukan hanya mengubah hidupmu sebagai wanita, tapi juga mengubah bentuk tubuhmu, apalagi area vagina. Ada sekian hal yang terjadi pada miss V setelah kamu melahirkan.

Seperti dikatakan ob-gyn Alyssa Dweck, MD, "Setiap wanita akan mengalami perubahan (pada vagina) setelah melahirkan, dan tak ada yang sama seperti sebelum hamil." Ini yang terjadi pada Miss V setelah kamu melahirkan, ladies.

1. Miss V yang lebar
Setelah mengeluarkan bayi yang besar, wajar jika kamu merasa vagina lebih lebar dan longgar. Biasanya satu tahun pertama, kamu masih merasa miss V longgar karena otot area intim masih menyesuaikan diri lagi untuk kembali ke bentuk semula. Jika merasa terlalu longgar, kamu bisa melakukan senam kegel atau pengencangan otot vagina agar kembali seperti dulu.

2. Miss V kering
Area vagina yang kering sering jadi keluhan ibu-ibu setelah melahirkan. Karena menyusui menyebabkan tingkat estrogen menurun dan hal ini mengakibatkan adanya perubahan di area intim, yaitu miss V menjadi kering. Tapi karena ini dipengaruhi hormon saat menyusui, masalah kekeringan ini hanya sementara. "Biasanya setelah selesai menyusui dan mulai menstruasi lagi, estrogen kembali ke tingkat normal dan miss V kembali seperti dulu," ujar dokter Alyssa.

3. Miss V terasa sakit
Karena pengalaman melahirkan yang menyakitkan, tidak jarang kamu masih merasakan sedikit pedih dan nyeri di area miss V karena otot dan jaringan di sekitar miss V ditarik dan terkadang mengalami perobekan. Masa penyembuhannya tidak cukup 1-2 bulan, dan itu wajar.

4. Warna miss V berubah
Jangan heran jika kemudian kamu melihat warna labia dan vulva vagina berubah warna. Pada banyak wanita, warna bagian luar miss V berubah kehitaman dari sebelumnya. "Hal ini bukan hanya disebabkan perubahan hormon tapi juga karena luka operasi, tarikan jaringan setelah melahirkan."

5. Pendarahan miss V
Keluarnya cairan pada vagina setelah melahirkan itu terjadi secara alami, biasanya kombinasi antara darah, lendir, dan cairan di dalam vagina atau seringkali disebut nifas. Ini adalah proses pembersihan miss V dan biasanya selesai 6 minggu setelah melahirkan.

Tubuhmu sudah tidak seperti dulu lagi, dan hal itu wajar adanya. Ada banyak perubahan pada tubuhmu, apalagi vagina. Tapi hal itu tak bisa menandingi betapa bahagianya punya bayi yang lahir dari rahimmu sendiri, iya kan Moms?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading