Sukses

Beauty

Nggak Makan Sama Sekali dengan Alasan Diet, Dampak Negatifnya Ngeri!

Diet itu boleh, kok. Asal ada prosedur yang jelas dan aman untuk kesehatan. Jangan sampai bikin program diet yang sembarangan, karena dampaknya bisa sangat membahayakan tubuh.

Salah satunya adalah diet dengan sengaja melaparkan diri. Nggak makan sama sekali karena ingin langsing. Sengaja tidak makan apa-apa dalam jangka waktu lama karena ingin kurus. Kalau hal ini dilakukan secara sembrono, dampaknya bisa sangat negatif, ladies.

Padahal mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh itu sangat penting. Bahkan dengan makan cukup, kita bisa tetap menjaga berat badan tetap stabil. Soalnya sering kejadian, karena sengaja nggak makan, perut jadi super lapar, akhirnya sekalinya makan langsung kalap, ujung-ujungnya kalori yang masuk dalam tubuh jadi berlebihan. Bukannya tambah langsing, eh malah makin gemuk.

Sengaja nggak makan dan melaparkan diri demi diet, kamu akan berisiko mengalami gangguan kesehatan ini.

Risiko Kena Diabetes
Dilansir dari boldsky.com, sengaja melaparkan diri dalam waktu terlalu lama bisa membuat sel-sel tubuh berhenti merespon insulin, hormon yang berfungsi untuk memecah gula. Hal ini membuat liver tak menerima sinyal untuk berhenti memproduksi glukosa dan terus memompanya ke dalam darah. Glukosa berlebih yang menumpuk di dalam darah ini nantinya bisa menyebabkan diabetes tipe 2.

Gampang Emosian
Saat tubuh nggak mendapat cukup asupan nutrisi karena nggak ada asupan makanan dalam jangka waktu yang terlalu lama, kestabilan emosi akan ikut terganggu. Kadar gula darah dalam tubuh tak stabil, emosi dan mood jadi ikut bermasalah.

Metabolisme Tubuh Terganggu
Sengaja melaparkan diri dalam jangka waktu terlalu lama, laju metabolisme tubuh akan menurun. Apa dampaknya? Dampaknya tubuh kesulitan untuk membakar kalori dan malah menumpuk lemak. Dengan kata lain, bukannya tambah kurus, berat badan malah naik.

Stres
Saat melaparkan diri, tubuh akan mencukupi kebutuhan energi dengan memproduksi adrenalin dan hormon-hormon lainnya. Kalau dibiarkan terlalu lama, tubuh akan mengalami stres dan bisa memicu munculnya sejumlah penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan depresi.

Bau Mulut Tidak Sedap
Mulut kering karena produksi air liur yang menurun bisa menyebabkan bakteri berkembang biak lebih cepat. Hal ini kemudian bisa menyebabkan bau mulut yang tak sedap.

Pusing dan Gampang Letih
Kadar gula menurun karena sengaja melaparkan diri. Hal ini juga bisa membuat pembuluh arteri menyempit dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Efeknya, kamu jadi gampang merasa pusing, mudah lelah, dan mual. Bahkan bisa menyebabkan pingsan atau hilang kesadaran.

Tekanan darah pun bisa tidak stabil kalau kamu sengaja melaparkan diri dalam waktu lama dengan alasan diet. Kalau memang ingin diet, pastikan kamu mengikuti program dan prosedur yang jelas, ya ladies. Kesehatanmu tetap yang utama untuk selalu dijaga.

(vem/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim