Sukses

Beauty

3 Kunci Utama Mencegah Diabetes pada Perempuan

Diabetes adalah penyakit seumur hidup yang disebabkan oleh tingginya kadar gula di dalam darah. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa memproduksi cukup banyak insulin atau tubuh tak bisa menggunakannya dengan baik.

Insulin sendiri merupakan jenis hormon yang diproduksi oleh pankreas. Fungsi utamanya adalah untuk menyalurkan glukosa dari darah ke sel-sel yang akan digunakan sebagai energi. Namun, bila terjadi kekurangan insulin maka akan terjadi penumpukan glukosa di dalam darah.

Apakah diabetes bisa dicegah? Tindakan pencegahan selalu ada. Dan umumnya, seperti yang dilansir oleh food.ndtv.com, agar terhindar dari diabetes, ada tiga hal penting yang perlu dilakukan. Yuk, langsung saja ikuti info detailnya di sini.

Jaga Berat Badan, Jangan Sampai Kegemukan
Faktor utama penyebab diabetes adalah kegemukan. Semakin banyak jaringan lemak dalam tubuh, maka tubuh akan makin resistan terhadap kinerja insulin. Apalagi kalau perut buncit, risiko terkena diabetes pun bakal lebih tinggi.

Jaga Pola Makan Sehat dengan Mengikuti Aturan Sederhana Ini
Menjaga pola makan juga sangat penting agar terhindar dari diabetes. Bisa dimulai dengan mengonsumsi whole grains (biji-bijian utuh), mengonsumsi buah secara teratur, dan kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans yang biasanya terkandung di makanan cepat saji.

Selalu Aktif Olahraga Rutin
Menjaga pola hidup sehat dan aktif membantu kita menjaga berat badan dan juga mengoptimalkan kinerja insulin. Bisa dimulai dengan melakukan olahraga rutin 30 menit selama lima hari seminggu. Pilihan olahraganya bisa dimulai dari yang paling mudah, seperti jalan kaki dan aerobik. Memperbanyak jalan kaki pun jadi cara paling mudah sekaligus efektif terhindar dari diabetes.

Pada intinya, mencegah diabetes itu bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini mencakup kebiasaan makan yang sehat serta melakukan olahraga rutin.

Kalau kamu punya keluarga dengan riwayat penyakit diabetes, penting juga untuk berkonsultasi ke dokter, ya ladies. Karena bisa jadi peluangmu terkena diabetes jadi lebih tinggi karena faktor tersebut.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading