Sukses

Beauty

Tinggal di Dekat Hutan Mengurangi Stres & Bikin Otak Lebih Sehat, Really?

Ingin terbebas dari stres dan otak terasa terus fresh setiap harinya? Untuk mendapatkan kondisi ini sebenarnya bukan perkara yang sulit lho Ladies. Selama kita mau bersabar, berada di lingkungan yang nyaman dan dekat dengan alam, kita bisa terhindar dari stres juga memiliki otak yang lebih fresh, cerdas dan sehat.

Dilansir dari laman asiantown.net, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti di Jerman menyebutkan bahwa tinggal dekat alam di mana tempat tersebut memiliki udara yang segar bisa menurunkan risiko stres. Peneliti juga menyebutkan bahwa tinggal di dekat alam bebas seperti dekat hutan akan membuat otak lebih sehat, cerdas dan terhindar dari alzheimer.

Penduduk perkotaan yang tinggal di dekat alam menunjukkan memiliki kesehatan yang lebih terjaga. Studi yang dilakukan di Max Planck Instutute for Human Development di Jerman menemukan jika orang-orang yang dekat dengan alam memancarkan energi positif dari dalam dirinya. Alam yang segar, udara yang bersih dan pemandangan yang tenang membuat perasaan seseorang jadi semakin senang.

Sebaliknya, hidup di kota yang rentan dengan kebisingan, polusi, padatnya manusia dan kehidupan sosial yang cenderung individual meningkatkan risiko stres, depresi, kecemasan hingga gangguan psikologis.

"Penelitian menemukan bahwa lingkungan bisa membentuk struktur dan fungsi otak. Itulah sebabnya kami tertarik dengan kondisi lingkungan yang mungkin memiliki efek positif pada perkembangan otak, peningkatan kebahagiaan dan kenyamanan jiwa." ungkap penulis studi, Simone Kuhn yang juga ketua tim peneliti di University Medical Center Hamburg-Eppendorf (UKE).

Studi juga menyebutkan bahwa orang-orang yang hidup di desa lebih bahagia, lebih ramah dan panjang umur. Orang-orang yang hidup di desa bahkan bisa selalu hidup bahagia dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan mereka. Meski begitu, ini tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang yang hidup i kota kalah bahagia dan sehat dari orang-orang desa.







(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading