Sukses

Beauty

Depresi Bisa Sebabkan Kematian Dini pada Wanita, Benarkah?

Karena tekanan yang disebabkan oleh perubahan peran sosial dan tanggung jawab yang banyak, depresi bisa meningkatkan kematian dini secara signifikan pada wanita. Kondisi depresi jelas tak bisa diremehkan karena kalau parah, dampaknya bisa sangat buruk bahkan berujung pada kematian.

Ian Colman dari University of Ottawa, dilansir dari thehealthsite.com, menjelaskan penelitian yang menunjukkan risiko kematian yang berkaitan dengan depresi yang makin menguat di tahun-tahun setelah masa depresi. Di beberapa tahun belakangan di mana risiko kematian dini pada wanita meningkat secara signifikan, peran wanita berubah secara dramatis baik di rumah maupun di tempat kerja. Banyak wanita yang harus mengemban berbagai peran dan tanggung jawab yang tidak mudah.

Dalam penelitian tersebut, jangka hidup anak muda yang depresi di usia 25 tahun bisa kurang dari 60 tahun. Jangka hidup tersebut berkurang mulai dari 10-12 tahun pada awalnya, lalu 4-7 tahun kemudian berkurang menjadi 18 tahun.

Jangan sampai depresi menghancurkan hidupmu./Copyright shutterstock.com

Stephen Gilman dari Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development di Maryland, Amerika Serikat mengatakan kalau awalnya kasusnya terbatas pada pria saja, tapi beberapa tahun kemudian terjadi juga pada wanita.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Canadian Medical Association Journal, tim peneliti mengecek data kesehatan mental dalam kurun waktu 60 tahun pada 3.410 orang dewasa dari sebuah wilayah di Atlantic Kanada dan menghubungkannya dengan data di Canadian Mortality Database. Meski depresi memiliki kaitan dengan pola makan buruk, kurang olahraga, kebiasaan merokok dan minum alkohol (faktor-faktor yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan kronis), dalam penelitian tersebut tidak ditemukan peningkatan risiko kematian yang berhubungan dengan depresi.

Kondisi depresi dan kesehatan mental yang buruk memang akan mempengaruhi kesehatan kita. Bahkan depresi bisa memicu keinginan untuk bunuh diri. Penting untuk terus menjaga kesehatan tubuh dan mental, ya ladies. Jangan sampai depresi membuat hidupmu jadi berantakan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading