Sukses

Beauty

5 Bukti bahwa Terlalu Lama Merasa Kesepian Bisa Membunuhmu!

Tidak ada yang salah menjadi jomblo sekian lama atau tinggal sendirian tanpa teman. Yang jadi masalah adalah ketika kamu merasa kesepian, karena ada banyak efek negatif jika kamu merasa kesepian dan sendirian. Bahkan bisa sama mematikannya seperti kanker. Ini yang terjadi di dalam tubuh jika kamu merasa kesepian.

1. Stres meningkat
Julianne Holt-Lunstad, profesor psikologi dan neuroscience Brigham Young University mengungkapkan bahwa tubuh akan lebih mudah melepaskan hormon kortisol, yang merupakan hormon stres. Kortisol akan menurunkan sistem imun dan mengganggu kesehatan kardiovaskuler imun tubuh sehingga rentan mengalami penyakit jantung, diabetes, kanker dan lainnya.

2. Inflamasi kronis
Inflamasi bukan hanya pembengkakan yang bisa dilihat di kulit, tapi juga di dalam tubuh. Ketika kortisol meningkat karena merasa kesepian, stres bisa menyebabkan inflamasi di dalam tubuh sehingga metabolisme dan fungsi organ terganggu.

Merasa kesepian bahaya buat kesehatan/copyright Pixabay.com

3. Pola makan yang kacau
Penelitian dalam International Journal of Eating Disorders menunjukkan, ketika merasa kesepian dan tingkat stres tinggi, kamu cenderung ingin ngemil junk food dan makanan manis sebagai pelampisan perasaan. Bukannya membantu, malah membuat tubuh gemuk.

4. Terjebak gaya hidup tak sehat
Gaya hidup tak sehat di sini seperti sering minum minuman beralkohol dan merokok. Banyak orang kesepian merasa butuh pelampiasan, dan terjebak dengan kebiasaan yang salah. Penelitian dalam Journal of Aging and Health menyebutkan kecendeurngn ini semakin parah untuk mereka yang memasuki usia paruh baya hingga tua.

5. Kurang olahraga
Orang yang kesepian cenderung malas melakukan apa-apa karena tak ada yang diajak beraktivitas bersama, termasuk olahraga. Jika punya teman, motivasi seseorang untuk olahraga bisa lebih besar lho.

Kamu bisa saja mengelak kalau sedang merasa kesepian, tapi coba lihat reaksinya terhadap tubuhmu ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading