Sukses

Beauty

Kenapa Haid Datang Lebih Awal dari Biasanya? Ini Kata Dokter

Bagi sebagian besar wanita, siklus haid yang nggak teratur memang sering bikin cemas sendiri. Haid yang telat bikin was-was. Tapi haid yang datang lebih awal juga bikin kita nggak tenang.

Untuk haid yang datang lebih awal, penyebabnya bisa karena sejumlah faktor. Dr. Jennifer Wider, seorang pakar kesehatan wanita, seperti yang dikutip dari hellogiggles.com mengemukakan sejumlah penjelasan kenapa haid seorang wanita bisa datang lebih awal dari biasanya. Selengkapnya, yuk kita ikuti penjelasannya di bawah ini.

Diet Menurunkan Berat Badan
Saat kita mengubah pola makan atau berusaha menurunkan berat badan, siklus haid pun bisa ikut terpengaruh. Dr. Wider mengatakan bila berat badan kita turun cukup banyak, haid bisa sangat telat tapi juga bisa datang lebih cepat.

Mengonsumsi Obat-Obatan
Mengonsumsi pil KB jelas akan mempengaruhi siklus haid, bahkan bisa membuat haid datang lebih cepat. Selain itu, konsumsi obat-obatan antikoagulan juga bisa membuat haid datang lebih awal dari biasanya.

Perubahan pola makan pun mempengaruhi./Copyright shutterstock.com

Sedang Stres
"Stres mental bisa menyebabkan fluktuasi pada hormon kita yang mempengaruhi siklus kita," papar Dr. Wider. Jadi memang stres nggak hanya bisa bikin telat haid tapi juga bisa membuatnya datang lebih awal.

Mengidap Penyakit Tertentu
Dr Wider menjelaskan bahwa penyakit seperti endometriosis, gangguan tiroid, dan PCOS (gangguan keseimbangan kadar hormonal) bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Kalau keseimbangan hormon terganggu, salah satu efeknya adalah haid yang datang lebih cepat dari biasanya.

Sebaiknya selalu tandai siklus haidmu./Copyright shutterstock.com

Mendekati Menopause
Untuk wanita yang berusia akhir 40an, siklus haid bisa makin tidak teratur. Saat akan mendekati menopause, haid pun bisa datang lebih cepat dari biasanya.

Pada dasarnya setiap tubuh wanita itu berbeda satu sama lain. Kalau kamu mengetahui ada perubahan drastis dan tak biasa pada siklus haidmu, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter, ya ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading