Sukses

Beauty

Sangat Penting Makan & Minum Sambil Duduk, Kenapa?

Sejak zaman dulu, aktivitas makan dan minum selalu disarankan untuk dilakukan dengan duduk. Selain demi menjaga sopan santun atau mentaati adab makan, makan dan minum sambil duduk dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Namun sayangnya, saat ini tidak sedikit orang yang punya kebiasaan makan sambil berdiri.

Dilansir dari laman boldsky.com, makan sambil berdiri awalnya dilakukan ketika menghadiri acara-acara tertentu. Tapi, semakin ke sini makan dan minum yang dilakukan sambil berdiri telah menjadi aktivitas sehari-hari dan kebiasaan. Padahal nih ya, makan sambil berdiri sangatlah tidak baik buat kesehatan.

Ini beberapa bahaya makan sambil berdiri sehingga kita semua sangat penting makan dan minum sambil duduk.

Naiknya Asam Lambung

Makan dan minum sambil berdiri bisa menyebabkan naiknya asam lambung dengan cepat. Beberapa makanan yang pedas, bersoda dan asam rentan menyebabkan naiknya asam lambung hingga memberi efek panas di sistem pencernaan. Sistem pencernaan bahkan bisa mengalami iritasi karena ini.

Menurunnya Kinerja Sistem Pencernaan

Makan sambil berdiri menyebabkan makanan yang masuk ke pencernaan atau lambung jatuh lebih cepat dibanding makan sambil duduk. Tidak jarang, ini membuat kinerja sistem pencernaan jadi berantakan. Ini juga bisa menyebabkan luka, nyeri dan iritasi pada dinding lambung, usus serta menyebabkan mual hingga muntah.

Kinerja Ginjal Terganggu

Para ahli mengungkapkan bahwa kebiasaan buruk makan sambil berdiri yang dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan kinerja ginjal terganggu. Dalam beberapa kasus, ginjal bahkan bisa mengalami kerusakan parah.

Nyeri di Ulu Hati

Sadar atau tidak, makan dan minum sambil berdiri sering kali menyebabkan rasa tidak nyaman di ulu hati selama makan atau saat setelah makan. Beberapa orang bahkan merasa nyeri di ulu hati yang membuatnya rentan mual, muntah, tidak fokus dan stres.

Perut Kembung

Makan dan minum sambil berdiri yang juga dibarengi dengan melakukan aktivitas lain dan menyebabkan terjadinya banyak gerakan tubuh, ini bisa memicu perut kembung. Makanan yang dikonsumsi tidak tercerna dengan baik dan menyebabkan mual, muntah atau hilangnya nafsu makan.

Selain tidak sehat, makan sambil berdiri sebenarnya menjadi aktivitas yang kurang baik dari sudut kesopanan. Untuk itu, pastikan agar senantiasa membiasakan diri makan dan minum sambil duduk dan lakukan dengan pelan-pelan ya ladies. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semakin bijak dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Studi Membuktikan, Dirimu Lebih Cerdas Jika Punya Tubuh Tinggi
Artikel Selanjutnya
Studi Membuktikan, Minum Teh Lengkuas Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria