Sukses

Beauty

Noda Luntur Merusak Baju Kesayangan? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini

Baju kesayangan kena noda luntur? Duh, pastinya bete banget ya ladies. Warna baju yang tadinya cantik bisa langsung kusam dan jelek banget kalau sudah kena noda luntur. Mengatasinya dengan cairan pemutih pun seringkali tidak berhasil, karena dampaknya malah bisa membuat warna dan serat kain baju jadi makin rusak nggak karuan.

Ada sejumlah tips dan cara yang bisa dicoba untuk mengatasi noda luntur pada baju kesayangan. Mulai dari penggunaan detergen dan mencampurkannya dengan berbagai jenis bahan lainnya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita ikuti sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mengatasi noda luntur pada baju.

Ada sejumlah cara yang bisa digunakan untuk mengatasi noda luntur./Copyright shutterstock.com

Menggunakan Larutan Vetsin dan Detergen
Detergen saja kadang tidak cukup untuk mengatasi noda luntur. Coba kombinasikan dengan vetsin untuk mengatasi noda luntur. Caranya siapkan ember bersih berisi air hangat, lalu larutkan vetsin dan deterjen dengan rasio 3:2. Rendam baju yang terkena noda luntur dalam larutan tersebut selama 30 menit (bisa lebih lama tergantung jenis dan tingkat kesulitan nodanya). Kemudian bilas dengan air dingin, lalu cuci seperti biasa sampai bersih.

Menggunakan Baking Soda dan Detergen
Kalau noda lunturnya tidak terlalu parah, cara yang satu ini bisa dicoba. Campurkan baking soda dan detergen, lalu oleskan pada area baju yang kena noda luntur. Kemudian rendam seperti biasa, lalu kucek sampai bersih.

Menggunakan Bubuk Citrun dan Detergen
Bubuk citrun yang mudah ditemukan di pasaran juga diyakini ampuh mengatasi noda luntur. Cukup larutan bubuk citrun dan detergen dengan air secukupnya. Lalu gunakan sebagai air rendaman untuk baju yang kena noda luntur, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih.

Menggunakan Cairan Alkohol
Untuk noda luntur yang disebabkan oleh tinta, cairan alkohol bisa digunakan untuk mengatasinya. Gosokkan cairan alkohol secukupnya pada area baju yang bernoda, lalu kucek dalam larutan air detergen selama beberapa kali sampai nodanya hilang.

Menggunakan Irisan Jeruk Nipis
Kandungan asam buah jeruk nipis diyakini bisa bantu atasi masalah noda luntur pada baju. Coba siapkan irisan jeruk nipis lalu gosokkan pada area yang bernoda, kemudian bilas dengan air dan cuci pakai detergen seperti biasa.

Itu tadi sejumlah tips yang bisa dicoba untuk mengatasi noda luntur pada baju. Menghilangkan noda luntur memang gampang-gampang susah, tapi biasanya bila semakin sering dicuci dengan salah satu tips di atas, noda lunturnya biasanya akan hilang dengan sendirinya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading