Sukses

Beauty

Punya Satu Kebiasaan Ini Katanya Bisa Bikin Panjang Umur

Siapa yang ingin panjang umur? Kita semua pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan panjang umur. Untuk bisa mencapainya, jelas ada usaha yang perlu kita lakukan.

Ada sebuah penelitian menarik terkait sebuah kebiasaan yang bisa bikin seseorang panjang umur. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di onlinelibrary.wiley.com meneliti kebiasaan harian dari sedikitnya 3.000 orang dewasa yang berusia 70-90 tahun dengan periode lebih dari 25 tahun. Para peneliti membagi mereka menjadi tiga kelompok, berdasarkan seberapa sering mereka keluar rumah.

Tiga kelompok itu dibagi menjadi orang yang keluar rumah setiap hari, keluar rumah 2-5 kali per minggu, dan kurang dari satu kali per minggu. Ketika angka kematian diteliti di akhir penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa orang yang keluar rumah setiap hari memiliki risiko kematian yang paling rendah, sementara yang jarang keluar rumah memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Kebiasaan sering keluar rumah diyakini bisa meningkatkan peluang panjang umur./Copyright pexels.com

Hasil penelitian itu tetap konsisten sekalipun dipengaruhi sejumlah faktor masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan penglihatan, dan mobilitas yang menurun, begitu yang diutarakan oleh ketua penelitian tersebut, Jeremy Jacobs MD dari Hadassah Hebrew University Medical Center.

Penelitian sebelumnya juga ada yang menyebutkan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Kesehatan mentalnya pun lebih baik sehingga bisa membuat seseornag panjang umur.

"Sepanjang serah, seniman dan penulis introver pun memiliki kebiasaan harian untuk keluar dari laboratorium atau studio mereka," papar Alex Soojung-Kom Pang, PhD, penulis Rest: Why You Get More Done When You Work Less.

Pang juga menambahkan bahwa keluar rumah dan mendapatkan udara segar khususnya dari alam bisa menjaga keseimbangan mood dan emosi. Selain itu, orang yang sering keluar rumah cenderung memiliki ikatan sosial yang lebih kuat. Hal ini kemudian bisa mengurangi risiko depresi dan kecemasan.

"Intinya, keluar rumah setiap hari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental yang baik," tambah Pang. Pastinya bila kegiatan di luar rumah itu lebih fokus untuk olahraga dan melakukan aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan, kemungkinan untuk panjang umur pasti lebih tinggi. Bukankah begitu, ladies?




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading