Sukses

Beauty

Bangun Pagi dengan Wajah Bengkak & Chubby? Ternyata Ini Penyebabnya

Bangun pagi hari, terkadang beberapa wanita mendapati wajahnya bengkak sehingga pipi tampak chubby dan bulat. Dokter Marjorie Nolan Cohn, RDN dalam Health.com mengungkapkan bahwa hal ini normal terjadi pada siapa saja saat bangun pagi. "Siapa saja bisa mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara spesifik di area tertentu dan hal ini juga bisa terjadi pada area wajah sehingga tampak bengkak atau chubby.

Nggak mau kan berangkat kerja dengan kondisi wajah seperti habis dipukuli seperti ini? Ternyata, wajah bengkak di pagi hari punya banyak penyebab lho.

1. Terlalu banyak konsumsi garam, karbohidrat dan makanan olahan

Umumnya wajah yang bengkak pagi hari karena retensi air di dalam tubuh, yaitu tubuh menahan air dan tidak dikeluarkan dari dalam tubuh. Hal ini terjadi karena kamu banyak makan makanan asin, karbohidrat tinggi atau makanan olahan seperti sosis, kornet, keripik dan lainnya.

2. Kurang tidur

Orang yang sering begadang atau kurang tidur juga sering mengalami hal ini. Tidak hanya mengacaukan imun tubuh, tapi juga membuat wajah bengkak saat bangun tidur. Hormon alami dalam tubuh benar-benar dipengaruhi oleh waktu tidur. Kurang tidur bisa mengganggu kinerja hormon yang melawan inflamasi dalam tubuh, inflamasi justru akan semakin terlihat ketika kurang tidur, salah satunya timbul di wajah.

3. Kurang olahraga

Karena banyak makan dan kurang aktivitas fisik, sangat mungkin jika kamu bangun pagi dengan wajah menggembung. Kalori dan lemak yang ditumpuk membuat wajah terlihat bengkak di pagi hari. Jadi agar tidak bengkak, satu-satunya cara adalah dengan olahraga rutin.

4. Minum alkohol

Jika kamu termasuk yang suka minum bir atau minuman beralkohol lainnya, kemungkinan besar kamu akan bangun dengan wajah bengkak karena tubuh menahan air di tubuh. Wajah bengkak akan kembali seperti semula jika kamu minum lebih banyak air.

Wajah bengkak di pagi hari memang hal yang wajar terjadi, tapi siapa sih yang suka wajahnya menggembung? Meski memang akan membaik setelah beberapa waktu, tapi alangkah baiknya jika menghindari penyebabnya dan memulai pola hidup sehat ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading