Sukses

Beauty

Bunga Bawang Merah dan Manfaatnya Mencegah Berbagai Macam Kanker

Banyak orang mungkin pernah melihat batang hijau dengan bunga kecil di ujungnya ini. Banyak pedagang di pasar menjualnya dalam bentuk per ikat dan beberapa orang sering salah mengira kalau ini adalah asparagus. Padahal ini adalah bunga bawang merah yang memang sengaja dijual karena ternyata bisa dimasak dan dijadikan makanan enak, seperti layaknya sayuran lain.

Meski memang masih cukup jarang yang memanfaatkannya, tapi ternyata bunga bawang merah punya manfaat dalam mencegah kanker. Daun dan bunga bawang merah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang hampir sama dengan daun bawang dan keluarga bawang lainnya. Penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal mengungkapkan bahwa bunga daun bawang memiliki sifat anti-kanker.

Salah satu kandungan antioksidan berupa flavonoid bernama lutein dan zeaxanthin, diketahui bisa melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan mulut. Penelitian juga menemukan bahwa alium dan serat pada sayuran ini bisa mencegah kanker perut dan kanker usus.

Bunga bawang merah punya khasiat cegah kanker/copyright Stylecraze.com

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of the National Cancer Institute, sayur ini juga bisa mencegah kanker prostat dan menemukan bahwa para pria yang mengonsumsi alium dari sayuran punya risiko rendah terkena kanker prostat. Jadi baik sekali memasak sayuran ini untuk suami ya ladies.

Bukan hanya mencegah kanker, bunga daun bawang juga tinggi vitamin k yang bisa meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang serta menjaga kepadatan tulang. Cukup dengan ditumis, sudah bisa dikonsumsi seperti makanan lainnya.

(vem/feb)
;
Loading