Sukses

Beauty

Benarkah Kentut Berkali-Kali Bisa Bakar Kalori? Ini Faktanya!

Perasaan perut sesak karena tak bisa kentut pasti tidak nyaman, meski hanya berupa gas, tapi saat mengeluarkannya pun, kamu butuh tenaga. Tapi mungkinkah ada yang mempertanyakan bahwa saat kentut kamu juga membakar banyak kalori?

Benarkah kentut membakar kalori? Ternyata, board-certified family dan bariatric physician, Spencer Nadolsky, D.O., dari American Board of Obesity Medicine mengungkapkan bahwa kentut tidak membakar kalori. "Rata-rata orang memiliki sekitar 0,5 sampai 1,5 liter gas yang tertahan di saluran pencernaan per harinya. Dan orang bisa kentut sampai 20 kali per hari dan masih memiliki berat badan aslinya," jelasnya.

Dengan kata lain, kentut tidak membakar kalori seperti ketika kamu olahraga. Bukan hanya itu, kentut sendiri termasuk fungsi tubuh yang sangat pasif. Ketika gas keluar dari anus, otot menjadi rileks dan tekanan gas di perutlah yang melakukan semua pekerjaan mengeluarkan gas, jadi bukan hasil pembakaran kalori yang berasal dari aktivitas otot. Dengan kata lain, kentut tidak membakar kalori sama sekali.

Bahkan jika kamu kentut bekali-kali dan panjang, hal itu tidak membakar banyak kalori tubuh, hanya membuat perut lega dan tidak kembung lagi. Meski memang kamu perlu tenaga untuk mengeluarkannya, namun itu terhitung sangat sedikit sehingga tak bisa dianggap membakar banyak kalori. Tentu saja ini termasuk hal bagus, karena meski tidak membakar kalori tapi tubuh kamu tidak menyimpan sampah ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading