Sukses

Beauty

4 Gejala Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai Wanita!

Jadi salah satu penyakit mematikan yang makan banyak korban, tekanan darah tinggi tak bisa diabaikan ketika menyerang kesehatan, baik pria maupun wanita. Namun para wanita harus tahu bahwa tekanan darah tinggi rentan terjadi pada setiap wanita karena umumnya para wanita lebih pemikir dibanding pria.

Tekanan darah tinggi perlu diobati jika tak ingin mengundang penyakit kardiovaskuler lebih parah lagi seperti stroke, serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Pasti banyak yang bertanya, bagaimana mengetahui tubuh sedang mengalami tekanan darah tinggi, apalagi jika kamu tak tahu berapa tekanan darahmu saat ini.

1. Tekanan darah lebih dari 130/80
Periksakan tekanan darah di klinik kesehatan, apotek atau rumah sakit. Tekanan darah berubah sewaktu-waktu setiap hari, saat sedang tidur, makan, berolahraga, dehidrasi dan lainnya. Namun tekanan darah akan stabil ketika kamu sedang santai.

Menurut pedoman tekanan darah American College of Cardiology, normalnya kurang dari 120/80 mmHg, meningkat 120-129/80, hipertensi stadium 1 berkisar pada angka 130-139 / 80-89, hipertensi tahap 2 paling sedikit 140/90, dan krisis hipertensi di atas 180/120.

2. Ayah atau Ibu punya tekanan darah tinggi
Penyakit ini bisa menurun, jika ayah atau ibu punya tekanan darah tinggi, ada kemungkinan besar kamu mengalaminya juga. Kurangi makanan berkolesterol, daging dan makanan olahan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Ada gejala yang harus diwaspadai wanita tentang tekanan darah tinggi/copyright Pexels.com

3. Sakit kepala parah dan pusing
Ada kalanya tekanan darah tinggi yang menekan pembuluh darah menyebabkan saraf otak menegang dan menyebabkan sakit kepala akut. Segera atasi dengan makan makanan penurun tekanan darah tinggi seperti semangka, mentimun dan kol untuk meredakan rasa sakit kepala. Atau segera ke rumah sakit untuk penanganan profesional.

4. Perut kembung, susah buang air besar dan kecil
Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan perut kembung dan berkurangnya urin atau keinginan buang air kecil. Ini karena tekanan darah juga mempengaruhi fungsi ginjal dan pencernaan.

Jadi, jika merasakan gejala-gejala di atas, jangan diabaikan ya ladies. Perlu penanganan segera agar tekanan darah tinggi tidak mengundang penyakit lebih parah dan mengancam nyawa.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading