Sukses

Beauty

Minum Ayam Jadi Tren Kesehatan Keluarga Kekinian, Cari Tahu di Sini!

Ada banyak tren kesehatan yang berkembang seiring dengan gaya hidup yang semakin modern. Selain rutin olahraga dan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang, kini ada lagi tren kesehatan baru di kalangan keluarga kekinian, yaitu Minum Ayam, yang dimaksud adalah minum saripati ayam.

Saripati ayam merupakan ekstrak ayam berkualitas yang memiliki kandungan bio amino peptide protein yang mudah dicerna, bebas lemak, dan bebas kolesterol. Minuman saripati ayam yang alami ini pun menjadi tren keluarga masa kini untuk meningkatkan kesehatan, khususnya kesehatan tubuh dan pikiran.

Kesehatan Tubuh: Mengurangi Kelelahan
Shutterstock

Malam hari yang harusnya menjadi momen untuk quality time bersama keluarga sering kali sirna karena semua sudah kelelahan. Ayah dan Ibu yang bekerja dari pagi hingga sore, belum lagi si kecil dengan kegiatan sekolah serta agenda les. Jika terus berlanjut, tidak hanya quality time yang nggak bisa didapatkan, namun kesehatan yang juga terus menurun karena kelelahan. Apa kamu dan keluarga pernah mengalaminya?
Kelelahan tidak cukup hanya diatasi dengan tidur dan beristirahat saja. Kamu dan keluarga membutuhkan suplemen makanan tambahan untuk bisa mengembalikan stamina tubuh. Untuk memulihkan tubuh dari kelelahan, mulailah dengan minum ayam yang kaya akan protein, anserine dan carnosine. Kandungan yang ada di dalam saripati ayam ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat metabolisme sehingga tubuh tidak mudah lelah.
Pada sebuah penelitian yang dilansir oleh National Center for Biotechnology Information, mengonsumsi saripati ayam secara rutin setiap hari bisa membantu memulihkan kelelahan dengan cepat sehingga badan terasa fit dan fresh. Penelitian ini dilakukan pada 20 orang pegawai laki-laki yang setiap harinya menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Setelah 4 minggu mengonsumsi saripati ayam, mereka yang awalnya mudah lelah kini bisa jauh lebih bertenaga lagi.

Kelelahan saat berolahraga juga bisa cepat pulih karena saripati ayam memiliki manfaat untuk mempercepat pelepasan ammonia dan asam laktat lebih cepat. Sehingga, bisa digunakan untuk pemulihan otot-otot tubuh setelah berolahraga.

Kesehatan Pikiran: Meningkatkan Konsentrasi
Shutterstock

Kehilangan konsentrasi atau tiba-tiba nge-blank saat acara penting memang sangat menganggu. Tidak hanya bagi kamu dan pasangan, tapi bagi anak-anak yang sedang menuntut ilmu di sekolah. Nggak ingin perkembangannya terganggu, bukan? Salah satu penyebab kehilangan konsentrasi ini adalah kurangnya carnosine dalam tubuh, terutama pada bagian otak.

Carnosine di sini berfungsi sebagai antioksidan dan sebagai penghubung sel otak dalam berkomunikasi atau sebagai neurotransmitter. Sehingga, jika tubuh kekurangan carnosine, maka tingkat konsentrasi akan menurun. Di sini, saripati ayam memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi. Pasalnya, saripati ayam merupakan protein hewani yang kaya akan asam amino yang di dalamnya terdapat kandungan yang disebut carnosine.


Dalam sebuah jurnal berjudul The Effect of Chicken Essence on Cognition and Mood: A Randomized Controlled Trial oleh D. Benton dan H.A Young pada tahun 2014 menemukan bahwa konsumsi saripati ayam dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Terhitung 147 orang dewasa muda yang telah meminum saripati ayam selama 10 hari memiliki konsentrasi yang lebih tinggi serta daya pikir yang lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan sebuah tes yang berhubungan dengan angka. Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi saripati ayam bisa lebih banyak menjawab pertanyaan dengan benar.

©researchgate.net
Saat melakukan beberapa tes psikologi, tingkat kesalahan yang dibuat juga relatif rendah. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah berkurangnya stres karena mood yang meningkat karena saripati ayam dapat menormalisasi hormon kortisol atau hormon stres.

Itulah alasan mengapa saripati ayam kini menjadi suplemen kekinian yang banyak diminati oleh banyak keluarga modern. Banyaknya aktivitas, baik fisik maupun psikis membuat siapa saja rentan mengalami kelelahan dan menurunnya konsentrasi. Kini, dengan adanya saripati ayam, yuk wujudkan kesehatan keluarga dengan 'minum ayamnya' secara rutin. Selamat membuktikan sendiri ya!

(vem/kee)
Loading