Sukses

Beauty

Penyebab Memakai Pelembap yang Bikin Wajah Berjerawat

Salah satu tahapan paling penting dalam perawatan kulit adalah melembapkan kulit dengan menggunakan moisturizer atau pelembap. Pasalnya, saat kulit berada dalam kondisi kering atau dehidrasi (Baca juga: Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi), berbagai masalah kulit akan lebih rentan untuk timbul. Saat kulit kering, kulit akan memproduksi minyak lebih banyak, yang dapat berujung pada timbulnya jerawat. Namun, bagaimana jika penggunaan pelembap malah membuat kulit kamu semakin berminyak dan berjerawat? Sebelum kamu menghentikan pemakaiannya, yuk lihat dulu apa yang mungkin menjadi alasan pelembap kamu buat kulit berminyak dan berjerawat!

1. Menggunakan Produk dalam Jumlah yang Terlalu Banyak

Menggunakan Produk dalam Jumlah yang Terlalu Banyak/Copyright Shutterstock

Jika memiliki tipe kulit kering, mungkin ada yang mengira kalau kamu membutuhkan lebih banyak produk ketimbang pemilik kulit berminyak. Padahal, apapun tipe kulit kamu, jika menggunakan pelembap dalam takaran terlalu banyak, kulit bisa akan semakin berminyak. Sebaiknya ikuti instruksi pemakaian yang diberikan. Jika tidak ada, kamu cukup menggunakan produk sebanyak pea-sized atau seukuran kacang polong untuk seluruh wajah. Kuncinya adalah lebih memilih pelembap yang tekstur dan formulanya cocok untuk jenis kulit kamu.

2. Salah Memilih Formula

Terdapat berbagai formula pelembap yang tersedia. Pertanyaannya: apakah kamu sudah memilih pelembap dengan formula yang tepat sesuai tipe kulit kamu? Apabila kamu adalah pemilik tipe kulit berminyak, lalu kamu memilih pelembap ‘berat’ atau oil-based yang sebenarnya ditujukan untuk pemilik kulit kering, jangan heran jika kulit kamu akan semakin berminyak setelahnya. Untuk mengetahui formulasi produk yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan dermatologis, mencari tahu tipe kulit kamu, atau mencoba produk dengan ukuran sample terlebih dahulu. Membaca review juga dapat membantu kamu untuk mendapat gambaran mengenai performa suatu produk, lho!

Baca juga: Kulit Tetap Kering Meskipun Sudah Diberi Pelembap? Bisa Jadi 3 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

3. Mengaplikasikan Pelembap pada Kulit yang Kering

Tahukah kamu, bahwa produk akan terserap lebih optimal jika kulit berada dalam keadaan lembap? Jika kamu merasa produk pelembap kamu membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum benar-benar terserap, mungkin hal ini terjadi karena kamu mengaplikasikannya pada kulit yang kering. Ada yang pernah mengalami hal ini? kamu bisa mulai mengaplikasikan pelembap seusai membersihkan wajah dan mengaplikasikan toner, selagi wajah kamu masih terasa lembap. Selain mempercepat proses penyerapan, kondisi kulit yang sedikit basah tersebut juga akan membantu agar kelembapan kulit kamu tetap terjaga dan ‘terkunci’ di bawah pelembap.

4. Tidak Menunggu Kulit Kering Sebelum Mengaplikasikan Makeup

Tidak Menunggu Kulit Kering Sebelum Mengaplikasikan Makeup/Copyright Shutterstock

Sama seperti produk skin care lainnya, dibutuhkan waktu untuk pelembap benar-benar menyerap pada kulit. Jika kamu terlalu terburu-buru dan langsung mengaplikasikan foundation pada wajah dengan keadaan pelembap belum terserap, foundation kamu dapat terlihat blotchy dan tidak merata karena mudah bergeser. Tidak hanya itu, residu pelembap juga akan membuat wajah kamu semakin berminyak dan foundation pun tidak akan bertahan lama. Jika masalah ini sering kamu alami, coba berikan waktu kurang lebih 1-2 menit setelah mengaplikasikan pelembap agar terserap sempurna sebelum mengaplikasikan foundation.

5. Tidak Mencuci Tangan Sebelum Mengaplikasikan Pelembap

Penyebab utama terjadinya jerawat adalah bakteri. Sedangkan, salah satu tempat ‘favorit’ bakteri untuk bersarang adalah tangan kamu. Meskipun kamu baru saja selesai mandi, jika kamu tidak langsung mengaplikasikan pelembap, tetap saja akan ada bakteri yang menempel, kan? Coba kamu ingat-ingat deh, di antara waktu seusai mandi dan sebelum menggunakan pelembap, kamu sudah menyentuh apa saja. Mungkin diantaranya ada gagang pintu kamar mandi, pintu lemari, hingga box eyeshadow penuh debu yang menghalangi pelembap kamu di laci. Haduh! Jika kamu ingin mengurangi risiko timbulnya jerawat, selalu cuci tangan sebelum mengaplikasikan pelembap pada wajah, terutama jika produk kamu tersimpan di dalam kemasan berbentuk jar.

Baca juga: Tidak Ingin Wajah Terlihat Tua? Kesalahan Saat Pakai Pelembap Ini Perlu kamu Hindari

(vem/sociolla/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menghilangkan Komedo Tertutup, Masalah Kulit yang Jarang Diketahui
Artikel Selanjutnya
Mengenal Vitamin B, Nutrisi yang Baik untuk Atasi Jerawat