Sukses

Beauty

Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid Pada Hari Pertama

Haid atau menstruasi merupakan “acara bulanan” yang selalu dialami oleh semua perempuan. Meski begitu, menstruasi kerap dianggap sebagai hal yang menyebalkan karena mendatangkan nyeri haid berupa kram perut, kaki lemas, hingga punggung pegal.

Nyeri haid ini dapat menjadi masalah tersendiri karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan nyeri haid pada hari pertama. Pertama adalah kontraksi rahim yakni lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin. Yang kedua adalah faktor hormonal yakni hormon progesteron yang dapat memperbesar ketegangan mulut rahim.

Untuk meredakan nyeri haid yang kerap mengganggu aktivitas, berikut terdapat cara-cara mudah yang bisa kamu lakukan di mana saja.

Perbanyak Konsumsi Zat Besi

copyright shutterstock.com
Saat menstruasi, sebagian perempuan mengalami pendarahan yang cukup hebat. Bahkan tidak jarang perempuan sampai pingsan karena mengalami anemia. Untuk itu, saat hari pertama haid sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi, seperti sayur bayam, kacang-kacangan, hingga ubi merah.

Kompres dengan Air Hangat
Untuk mengatasi perut yang terasa nyeri, kamu bisa mencoba mengompresnya dengan air  hangat. Masukkan air hangat ke dalam botol plastik lalu tekan-tekan secara lembut pada perut bagian bawah. Hal ini akan menenangkan otot pada perutmu yang tegang.

Lakukan Gerakan Yoga

copyright shutterstock.com
Terdapat cara yang bisa mengurangi nyeri haid berupa punggung yang terasa pegal, yakni gerakan yoga bernama Cat Pose. Gerakan yoga ini sangat mudah dilakukan dan berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas otot punggung. Pertama mulailah pada pose all fours dengan kedua tangan di bawah bahu dan kedua lutut di bawah pinggul. Gunakan embusan napas untuk menarik pusar ke arah tulang belakang seperti kucing. Lakukan gerakan ini 10 kali dan punggungmu akan terasa lebih rileks.

Berbaring Sejenak
Banyak perempuan yang mengalami kaki lemas saat haid. Jika ini terjadi padamu, sebaiknya berbaring sejenak di tempat tidur atau sofa. Berikan bantalan untuk menyangga kepala. Berbaring sejenak dapat mengurangi nyeri haid secara alami.

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri
Cara ini memang dianggap tidak alami dan banyak perempuan yang enggan mengonsumsi lantaran takut ketergantungan. Namun jika kamu mengalami nyeri haid yang hebat di kala aktivitas sedang sibuk-sibuknya, ada baiknya jika kamu mengonsumsi obat pereda nyeri. Kamu bisa mengonsumsi obat yang mengandung paracetamol, ibuprofen, atau ponstan.

Semoga tips ini bisa membuat aktivitasmu tetap lancar meskipun sedang dilanda haid hari pertama ya. Baca tips-tips seputar kesehatan lainnya di iPrice.co.id.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading