Sukses

Beauty

5 Cara Hindari Bau Badan Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Penyebab bau badan tak sedap adalah bercampurnya bakteri dengan keringat. Bau yang muncul adalah pemecahan protein keratin dengan bakteri yang ada di permukaan kulit.

Bau badan tak sedap bisa membuat sekitar tidak nyaman, pada akhirnya bau badan akan berpengaruh pada kepercayaan diri dan mengganggu proses sosialisasi.

Jika ditelurusi, pangkal permasalahan ini sepertinya sepele, tapi bau badan bisa jadi masalah serius jika tidak segera ditangani. untuk itu, coba atasi bau badan dari menerapkan kebiasaan ini di kehidupan sehari-hari, yuk!

1. Menjaga kebersihan tubuh

Tubuh yang kotor adalah tempat berkembang biak favorit para bakteri. Makanya, pastikan tubuh selalu bersih dari kotoran, juga keringat. Mandilan paling tidak satu hari sekali jika tidak beraktivitas berat. Jika tubuh habis berkeringat, sebaiknya mandi dua kali. Gunakan sabun yang memiliki antiseptik untuk tubuh dan kenakan pakaian bersih setelahnya agar bebas dari bau badan.

 

 

 

2. Keringkan badan dengan benar

Setelah mandi, jangan lupa keringkan badan dengan benar terutama di daerah yang mudah berkeringat seperti ketiak agar bakteri sulit berkembang biak. Gunakan handuk kering untuk mengelap tubuh setelah mandi dan jemur lagi handuk sehabis pakai agar tidak lembap dan dihinggapi bakteri yang lain lagi.

3. Konsumsi sayuran hijau

Makanan seperti bayam, buncis, kangkung dan sayuran hijau lainnya mampu memberi efek serupa deodoran yang mengatasi bau badan.

4. Minum air putih dan olahraga

Kedua hal tersebut akan amat mempengaruhi seberapa banyak keringat yang keluar dari tubuhmu. Semakin banyak berkeringat, semakin banyak bakteri keluar dari pori-pori kulitmu. Asal, pastikan mandi dengan bersih setelah berolahraga, ya!

5. Hindari merokok

Pada perokok, bau badan disebabkan senyawa kimia dari asap rokok memecah asam pada keringat. Jangan heran kalau perokok punya badan yang lebih bau daripada yang tidak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading