Sukses

Beauty

5 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Mengatasi Sembelit

Susah buang air besar bisa jadi siksaan tersendiri. Duh, pokoknya nggak nyaman banget deh. Perut sakit dan berdampak pada terganggunya aktivitas sehari-hari. Kalau sudah begini, mau melakukan apapun jadi tersiksa.

Ada banyak cara untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Salah satunya melalui pemilihan makanan yang tepat. Ada jenis makanan tertentu yang bila dikonsumsi bisa mengatasi sembelit. Seperti makanan-makanan berikut ini.

1. Buah Stroberi
Yup, buah stroberi ini diyakini bisa bantu atasi sembelit. Seperti yang dilansir dari womanitely.com, selain kaya vitamin C, kandungan tinggi serat pada biji buah stroberi bisa bantu atasi masalah susah buang air besar secara alami. Mengonsumsi segenggam buah stroberi per hari bisa membuat rutinitas buang air besar jadi lancar.

Buah stroberi kaya serat./Copyright thinkstockphotos.com

2. Yogurt
Meskipun produk yang mengandung susu cenderung memperparah gejala sembelit, tapi tidak dengan yogurt. Yogurt mengandung probiotik yang bisa membantu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. Disarankan untuk memilih yogurt bebas gula untuk dikonsumsi mengatasi sembelit.

3. Oatmeal
Oatmeal juga diyakini bisa bantu atasi sembelit. Soalnya kandungan oatmeal bisa bantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan memperlancar pencernaan.

4. Brokoli
Biasanya penyebab utama seseorang mengalami sembelit adalah karena kurang serat. Nah, untuk mengatasinya bisa dengan cara memperbanyak konsumsi sayur. Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran kaya serat yang bisa memenuhi kebutuhan serat tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

Konsumsi brokoli untuk penuhi kebutuhan serat./Copyright thinkstockphotos.com

5. Kacang Almond
Kacang almond bisa jadi camilan yang menyehatkan untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Kaya akan lemak sehat dan serat, kacang almond juga baik dikonsumsi. Tapi mengonsumsinya sesuai kebutuhan, ya. Disarankan untuk mengonsumsinya tidak lebih dari satu genggam kacang almond per harinya.

Kalau kamu mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar, mengonsumsi jenis makanan di atas bisa cukup membantumu. Tapi kalau masalahnya tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter ya ladies. Semoga infonya bermanfaat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading