Sukses

Beauty

Bukan Cuma Kacang, Makanan Ini Juga Bisa Bikin Jerawatan

Apa yang kita makan atau konsumsi bisa sangat mempengaruhi kesehatan kulit kita. Sebab berbagai jenis masalah kulit bisa disebabkan olah pola makan yang buruk. Seperti masalah jerawat yang bisa muncul karena pola makan kita yang kurang baik.

Selama ini mungkin kita sering mendengar kalau jerawat muncul karena kita mengonsumsi kacang berlebihan. Tapi sebenarnya ada jenis makanan lain yang lebih berisiko tinggi menyebabkan jerawat bila kita mengonsumsinya. Jenis makanan apa sajakah yang dimaksud? Berikut infonya.

1. Karbohidrat Olahan (Refined Carbohydrates)

Karbohidrat olahan ini bisa terkandung di aneka kue kering, cake, biskuit, muffin, dan roti. Dikutip dari boldsky.com, sebuah penelitian menyebutkan bahwa makanan yang tinggi kandungan glisemiknya ini bisa menjadi penyebab utama jerawat. Karena bila dikonsumsi, bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin untuk menurunkan gula darah. Hal ini kemudian bisa mempengaruhi hormon lain yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit.

2. Lemak Jenuh (Saturated Fat)

Lemak jenuh yang terkandung di burger, pizza, ayam goreng, dan aneka makanan cepat saji bisa memicu munculnya jerawat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Makanan yang mengandung lemak jenuh bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat pada kulit.

3. Roti Tawar

Sebagai gantinya, kamu bisa pilih roti gandum bila tak ingin gampang jerawatan. Beberapa jenis roti tawar bisa memiliki kandungan glisemik yang tinggi yang dapat mempengaruhi kadar gula dan insulin dalam tubuh.

Bukan berarti kamu sama sekali nggak boleh mengonsumsi tiga jenis makanan itu, ya ladies. Boleh kok dikonsumsi asal tak berlebihan. Selain itu, buat kamu yang cenderung punya jenis kulit wajah yang gampang jerawatan, bisa perbanyak konsumsi buah seperti mentimun dan semangka, makanan probiotik seperti yogurt, dan kuning telur.

Menjaga pola makan menjadi salah satu kunci utama menjaga kulit agar tidak gampang jerawatan. Pastinya juga perlu diimbangi dengan perawatan kulit menggunakan produk yang cocok untuk jenis kulitmu, ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading