Sukses

Beauty

4 Fakta Penting Mengapa Kamu Perlu Makan Makanan Fermentasi

Banyak orang mungkin belum banyak yang tahu pentingnya makan makanan fermentasi. Bahkan mungkin belum banyak yang tahu apa saja makanan yang termasuk makanan fermentasi.

Beberapa contoh makanan fermentasi yang ada di sekitar kita seperti yogurt, kimchi dari Korea, kemudian tempe, tape dan tauco dari Indonesia merupakan makanan fermentasi yang bukan hanya kaya gizi namun punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Tapi apa pentingnya makan makanan fermentasi? Dilansir dari Natural News, Senin (25/6/2018), ini sekian alasan mengapa makanan fermentasi menyimpan kelebihan yang tak bisa diabaikan untuk kesehatan.

1. Kaya Probiotik
Bakteri baik yang terkandung dalam makanan hasil fermentasi ini penting untuk kesehatan pencernaan. Probiotik akan menjaga kestabilan bakteri di dalam pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan dan bahkan mengurangi efek intoleransi terhadap laktosa.

2. Mengandung enzim
Makanan fermentasi yang mengandung rasa asam ternyata juga mengandung enzim yang berfungsi membuat reaksi kimia, yang membantu organ dan kelenjar dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Enzim ini juga membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein.

Manfaat makanan fermentasi/copyright Pixabay.com/daecheonnet

3. Kaya nutrisi
Makanan yang di fermentasi mungkin terlihat basi dan tidak layak makan, namun ternyata justru tinggi nutrisi. Proses fermentasi justru membiarkan bakteri baik untuk tumbuh. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam makanan hasil fermentasi meliputi vitamin B1, B6, B9, C, K, dan mineral seperti mangan, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Ini adalah manfaat utama sekaligus yang paling terlihat jika sering makan makanan fermentasi. Gizi dari makanan fermentasi bisa mengurangi bakteri jahat di usus dan membersihkan sistem pencernaan.

Itu dia manfaat pentingnya konsumsi makanan fermentasi. Terkadang orang mengalami efek samping kembung setelah makan makanan fermentasi, jika seperti ini, sebaiknya makan sedikit saja ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading