Sukses

Beauty

7 Cara #JagainKamu Terhindar dari Penyakit Saat Hidup Jauh dari Orangtua

Kadang dalam hidup ini, perempuan punya peran istimewa sebagai seorang penjaga. Meski kadang ujian hidup begitu berat tapi seorang perempuan bisa begitu tangguh menjalaninya. Seperti kisah sahabat Vemale dalam Lomba Menulis #JagainKamu ini. Ada cerita yang begitu menyentuh hati di dalamnya. Lomba menulis kali ini dipersembahkan oleh Softex Daun Sirih, yang selalu #JagainKamu para perempuan Indonesia.

***

Memiliki tubuh yang sehat tentunya menjadi keinginan setiap orang. Sebagai seorang gadis yang tinggal terpisah dari orang tua dan tinggal di kota besar aku cukup mempunyai banyak aktivitas. Lalu bagaimana caranya diriku menjaga kesehatan diriku di tengah kesibukanku? Tentunya kita harus bisa menjaga kesehatan diri sendiri terlebih dulu sebelum menjaga kesehatan orang lain bukan? Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan diri:

1.  Konsumsi makanan sehat
Aku selalu membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat. Lebih baik mengonsumsi makanan rumah walaupun sederhana tetapi sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh dan higienis. Hindari konsumsi makanan cepat saji, dan makanan yang mengandung minyak secara berlebihan. Tidak ketinggalan banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/sharon mccutcheon

2. Hindari rokok dan minuman alkohol
Rokok dan minuman alkohol identik dengan merusak kesehatan tubuh. Selain itu merokok dan minuman alkohol juga bisa mengganggu ‘kesehatan’ dompet. Maka sebaiknya hindarilah kedua hal tersebut.

3. Olahraga rutin
Banyak manfaat dari berolahraga secara rutin seperti memompa jantung lebih baik, membuat otak terasa lebih rileks, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Biasakan olahraga setidaknya 2 kali dalam seminggu, walau sesibuk apapun kegiatan yang ada.

4. Biasakan tidur yang cukup
Kurang tidur bisa membuat otak menjadi merasa lelah keesokan harinya sehingga susah untuk berkonsentrasi. Kurang tidur juga dapat membuat daya tahan tubuh menurun, dan mempercepat penuaan dini. Sebagai wanita tentunya aku ingin terlihat awet muda, makanya hindarilah kurang tidur sebisa mungkin.

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/jye b

5. Jaga kebersihan diri
Adalah suatu pepatah ‘Bersih Pangkal Sehat’. Biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan untuk menghindari bakteri jahat masuk ke mulut. Tidak ketinggalan pastikan diri mandi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Selain itu, untuk menjaga kebersihan diri aku juga menggunakan Softex Daun Sirih saat sedang datang bulan. Softex Daun Sirih mengandung ekstrak daun sirih yang berfungsi untuk menjaga area kewanitaan tetap bersih dan terhindar dari bau tidak sedap. Saat sedang datang bulan area kewanitaan menjadi lebih rawan terkena masalah gatal, bau tidak sedap, dan lembab yang mudah memacu bakteri, sehingga pastikan memilih pembalut yang nyaman untuk diri sendiri saat datang bulan ya.

6. Hindari stres
Banyaknya tuntutan pekerjaan dapat membuat stress dan membuat hidup menjadi tidak sehat. Biasakan diri mempunyai ruang untuk rileks atau melakukan hal-hal yang disukai sehingga terhindar dari stress

7. Minum air putih yang cukup
Pastikan diri setidaknya minum 8-10 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Apabila kurang minum air putih dapat mengakibatkan kekurangan cairan tubuh dan menjadi tidak sehat.

Nah, dengan cara-cara di atas kamu bisa menjaga tubuhmu agar tidak gampang jatuh sakit saat berada di perantauan. Semoga tipsnya bermanfaat ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading