Sukses

Beauty

Bukan Hanya Makanan, Peralatan Masak Juga Berisiko Tingkatkan Kolesterol!

Penggunaan alat masak tentu dibutuhkan saat memasak, apalagi mengolah daging. Namun tahukah kamu bahwa ternyata beberapa peralatan masak bisa menyebabkan masakan justru mengandung kolesterol tinggi?

Dilansir dari WebMD, penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 12 ribu anak di West Virginia dan Ohio menemukan bahwa kadar asam bahan kimia perfluorooctanoic (PFOA) dan perfluoroctanesulfonate (PFOS) pada peralatan masak ternyata bisa mempengaruhi makanan.

Percobaan terhadap hewan menunjukkan paparan PFOA dapat meningkatkan risiko tumor liver, testis, kelenjar payudara, dan pankreas. Sedangkan pada manusia, PFOA juga berisiko terkena kanker ginjal testis, dan kandung kemih.

Menurut dr Citra Roseno dari KikDokter, kedua bahan kimia ini juga bisa meningkatkan trigliserida dalam tubuh. “Menumpuknya trigliserida membuat seseorang berisiko terkena penyakit kolesterol, tiroid, hingga jantung,” ujarnya.

Kedua bahan kimia ini telah digunakan selama beberapa dekade dalam proses produksi alat masak. PFOA juga dikenal sebagai C8, digunakan dalam pembuatan peralatan masak antilengket. Sedangkan PFOS sering digunakan untuk membuat pakaian, kain, kemasan makanan, serta karpet tahan air dan antinoda.

Awas bahan kimia berbahaya pada peralatan masak/copyright Shutterstock.com

Bukan hanya dua bahan kimia ini saja, bahan pelapis teflon polytetrafluoroethylene (PTFE) juga menjadi bahan berbahaya pada makanan. Bahan ini digunakan karena tidak bereaksi dengan bahan kimia lainnya, serta tetap memiliki permukaan antigesek dan antilengket.

Namun Hugh J Rushing selaku Wakil Presiden Eksekutif Cookware Manufacturing Association menjelaskan kalau PFOA pada Teflon memang digunakan dalam pembuatan lapisan peralatan masak antilengket. Ketika mengalami pembakaran, zat akan hilang dan produk yang sampai ke konsumen sudah terbebas dari PFOA.

Meski belum terbukti, namun pihak produsen diminta untuk tidak menggunakan bahan kimia tersebut pada 2015 sebagai cara mencegah risiko meningkatnya angka kolesterol tinggi.

Stephanie J Frisbee selaku koordinator penelitian dari West Virginia University School of Medicine mengatakan, "Sementara ini, penelitian tidak membuktikan bahwa paparan PFOA dan PFOS dapat meningkatkan kolesterol. Penelitian ini memerlukan studi lanjutan.”

Jadi, alangkah baiknya jika kamu juga memilih dengan baik peralatan masak yang aman untuk kesehatan keluarga ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading