Sukses

Beauty

10 Buah Rendah Gula untuk Mengatur Gula Darah

Ladies, mungkin kamu selalu membutuhkan gula untuk menjaga kesehatan maupun meningkatkan mood. Memang banyak orang yang menyukai makanan manis, namun tidak sedikit orang yang tertarik mengomsumsi makanan rendah gula untuk menghindari obesitas dan menjadikan hidup lebih sehat. Setiap buah memiliki nutrisi penting seperti vitamin C, serat, dan kaya antioksidan yang membuat buah dan sayur memiliki manfaat mampu mencegah kanker maupun penyakit lainnya.

Meskipun kandungan gula pada buah termasuk rendah, namun dikutip dari Sarah Hortman, R.D., buah-buahan belum tentu termasuk makanan rendah gula, melainkan buah yang mengandung serat serta kandungan air tinggi yang bisa mengandung gula maupun karbohidrat.

Untuk kamu yang sedang menghindari mengonsumsi gula, berikut ini beberapa buah yang mengandung gula rendah untuk menjaga kesehatanmu.

    Alpukat

    Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak namun memiliki kandungan gula yang rendah. Hal inilah yang bisa menjadikan alpukat cocok sebagai dessert seperti milkshake, mousse, dan bahan kue.

    Semangka

    Menurut penelitian dari Journal of Agricultural Food Chemistry, mengatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam jus semangka terdapat asam amino yang dapat mengurangi sakit pada luka para atlet dan menjadikannya cepat sembuh. Semangka juga memiliki antioksidan lycopene tinggi yang baik untuk tubuh.

    Apel

    Apel bisa jadi camilan favorit karena seratnya yang tinggi. Apel mengandung air yang bisa menjadi kental seperti oatmeal yang dimasak. Apel juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi kolesterol.

    Stroberi

    Vitamin C tidak hanya dimiliki oleh buah jeruk, karena Stroberi juga mengandung vitamin C yang memiliki antioksidan, memiliki serat, dan bisa mengurangi inflamasi.

    Jeruk bali

    Buah ini memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga rasanya menjadi sedikit pahit. Kamu bisa mendapatkan vitamin C jika mengonsumsi setengah buah jeruk bali per hari.

    Jeruk nipis

    Faktanya, jeruk nipis hanya mengandung satu gram gula dibandingkan dengan buah lainnya. Kamu juga bisa menambahkan jeruk nipis sebagai asupan vitamin C harianmu.

    Zaitun

    Buah zaitun menjadi salah satu bahan utama saat melakukan diet Mediterania. Selain untuk mengurangi berat badan, ternyata diet ini juga bisa memperpanjang umur seseorang. Menurut penelitian dari American Journal of Hypertension menemukan bahwa minyak zaitun yang kaya akan polifenol bisa mengurangi tekanan darah pada wanita yang memiliki hipertensi.

    Mentimun

    Menurut dokter Hortman, jika kamu memakan tiga setengah buah ketimun per hari, kamu akan mendapatkan kandungan air dan serat yang cukup tinggi.

    Tomat

    Tomat kaya akan carotenoid lycopene yang bisa melindungi kulit dari ultraviolet, menjaga tulang agar tetap kuat, dan mencegah asma. Faktanya, tomat juga termasuk buah rendah gula yang juga rendah karbohidrat.

     Labu

    Labu dikenal memiliki banyak manfaat daripada karbohidrat seperti roti dan kentang. Menurut Dr. Hortman, serat labu mampu menstabilkan kadar gula darah sekaligus melancarkan pencernaan, menjaga saluran usus tetap sehat, dan membuat kenyang menjadi tahan lama.

Ladies, demikian deretan buah rendah gula yang bisa jadi alternatif untuk mencegah gula darah. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari tanpa takut gula darah menjadi naik. Adakah salah satunya favorit kamu? Share yuk di kolom komentar.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading