Sukses

Beauty

Usia Berapa Anak Boleh Minum Susu UHT?

Susu memang menjadi salah satu minuman sehat yang bisa dikonsumsi siapa saja, namun perlu pengawasan jika konsumsinya untuk anak-anak. Susu kemasan UHT adalah pilihan aman untuk mencukupi nutrisi anak setelah minum asi dan susu formula.

Susu UHT (Ultra High Treatment) adalah susu yang dipanaskan selama 2-4 detik dengan suhu yang sangat tinggi, sekitar 137⁰ C. Proses pembuatan susu UHT seperti ini mampu membunuh kuman penyebab penyakit sekaligus bisa disimpan lebih lama dalam suhu ruangan asalkan kemasannya masih tertutup rapat.

Namun anak-anak memiliki tubuh yang masih rentan dibandingkan orang dewasa sehingga perlu diketahui usia berapa tepatnya anak boleh minum susu UHT.

Seperti diungkapkan dr. Anita Amalia Sari dalam Klikdokter.com bahwa susu UHT yang biasanya terbuat dari susu sapi sebaiknya tidak diberikan pada anak yang masih berusia 12 bulan ke bawah karena sistem pencernaan anak usia tersebut masih belum mampu “mengolah” susu sapi yang kaya protein dan mineral.

Susu UHT diberikan anak sebaiknya memperhatikan usianya/copyright Shutterstock.com

Risiko pemberian susu UHT pada anak di bawah usia ini seperti misalnya mengganggu ginjal anak karena dipaksa bekerja keras menyaring protein susu sehingga berisiko lebih tinggi untuk mengalami masalah di kemudian hari, bahkan bisa meningkatkan risiko perdarahan saluran cerna.

Porsi aman mengonsumsi susu UHT untuk anak usia 1–3 tahun menurut ahli adalah sebanyak dua hingga tiga gelas berukuran 250 ml dalam sehari. Pemberian susu UHT pada anak juga perlu memperhatikan sekian hal berikut ini.

  • Berikanlah susu UHT yang tinggi lemak (whole milk atau full cream) pada anak usia 1 atau 2 tahun, karena anak di rentang usia tersebut membutuhkan pasokan lemak lebih banyak, agar pertumbuhan dan perkembangan otak bisa lebih optimal.
  • Pilih susu UHT tanpa rasa-rasa, cukup yang original karena umumnya penambahan rasa juga mengandung gula tambahan. Dikhawatirkan bisa memicu terjadinya obesitas atau berat badan berlebih.
  • Konsultasikan pada dokter jika anak dicurigai memiliki alergi susu sapi.

Nah, kini Moms sudah tahu kan kapan anak bisa minum susu UHT dan usia berapa paling aman mengonsumsi susu jenis ini. Yuk ikuti pedomannya!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading