Sukses

Beauty

Cara Menjaga Kesehatan Mata Meski Suka Main Gadget Terlalu Lama

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, gadget menjadi salah satu hal yang sangat penting dan nyaris tak bisa lepas dari kehidupan siapapun. Baik anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang tua gadget menjadi adalah hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, tidak banyak dari kita yang menyadari bahwa gadget bisa berdampak buruk ketika digunakan terlalu berlebihan.

Melansir dari laman Liputan6.com, gadget sangat berbahaya buat kesehatan mata jika digunakan terlalu lama. Menatap layar gadget dan komputer serta sejenisnya bisa menyebabkan gangguan seperti Computer Vision Syndrome (CVS), astenopia (mata lelah) dan dry eye (mata kering). Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata meski menggunakan gadget terlalu lama.

Apa caranya? Simak yang berikut ini.

  1. Jika pekerjaan kamu mengharuskan kamu melihat layar komputer atau gadget sepanjang hari, usahakan agar kamu melihat jarak jauh setiap 30 menit sekali. Melihat jarak jauh ini bisa dengan melihat ke luar jendela, melihat sudut ruangan atau sekitar yang membuat mata kamu tidak hanya fokus pada layar gadget di depan kamu.
  2. Menatap layar secara terus menerus akan membuat refleks berkedip kita berkurang. Inilah yang sering membuat mata jadi kering. Untuk itu, usahakan untuk mengedipkan mata secara teratur. Selain menjaga kesehatan mata, ini juga membuat pikiran kamu lebih rileks.
  3. Ketika jam istirahat atau santai, lakukan sesuatu yang membuat kamu lebih rileks. Kamu bisa melakukan peregangan tangan, sekedar memijat leher atau menggeleng-gelengkan kepala. 
  4. Jarak ideal antara mata dan gadget adalah 30 sampai 40 cm. Pastikan bahwa jarak itu kamu miliki. Pastikan pula bahwa posisi gadget tidak sejajar dengan mata agar mata tetap sehat dan terjaga. 
  5. Penggunaan gadget idealnya adalah 2 jam setiap harinya. Jika kamu menggunakan gadget atau komputer lebih dari dua jam, kamu harus rutin melakukan olahraga mata atau penyegaran pandangan. Jangan hanya berpaku pada layar gadget saja.
  6. Hindari menggunakan gadget dengan pencahayaan yang terlalu terang. Pencahayaan gadget yang terlalu terang bisa merusak kesehatan mata. 
  7. Hindari juga menatap layar gadget saat cahaya ruangan gelap. Usahakan agar menatap gadget dengan cahaya ruangan yang cukup. Menatap gadget di ruangan gelap secara perlahan tapi pasti akan mengganggu kesehatan mata. 
  8. Lakukan pijatan di area sekitar mata demi dapatkan mata yang senantiasa terjaga dan sehat. Ini juga bisa membuat pikiran lebih tenang dan tidak mudah stres.

Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin A juga sehat buat mata.

Ladies, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan demi menjaga kesehatan mata meski sering main gadget dalam waktu yang cukup lama. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
Loading