Sukses

Beauty

5 Cara Membuat Hari-harimu Lebih Sederhana dan Mudah Dijalani

Ladies dan Mom, semakin dewasa rasanya hidup kita semakin disibukkan dengan berbagai hal. Bangun pagi dengan segudang rencana dan kewajiban yang harus dilakukan, saat di kantor kita bertemu dengan pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan. Pulang ke rumah, bukannya tenang, malah disambut dengan rumah yang harus dibersihkan dan segudang piring kotor yang menumpuk.

Istirahat menjadi hal langka. Tak ada waktu untuk mengisi ulang daya energi tubuh. Akibatnya, kita tak bisa berpikir dengan jernih dan menata keseharian kita dengan baik. Tentu saja dampaknya sangat besar terhadap psikologis kita. Selalu mengerjakan segalanya dengan tergesa-gesa dan berpindah dari satu hal ke hal yang lain membuat diri kita lelah secara lahir maupun batin.

Jika kamu merasa mulai lelah dengan segala rutinitas yang mengejar-ngejarmu dan ingin menyederhanakan hidup, beberapa hal ini bisa kamu lakukan:

Jadwalkan waktu untuk diri sendiri selama 15 menit

Hanya 15 menit saja, di pagi atau malam hari, sempatkan waktu untuk sendirian. Dalam suasana yang tenang, tak ada gangguan. Selama 15 menit ini, bebaskan dan lepaskan pikiran yang menghimpitmu. Waktu ini berguna untuk kamu mengenal diri sendiri.

Menulis jurnal harian selama lima menit

Menulis adalah cara terbaik untuk melepaskan lelah. Lewat tulisan, kamu bisa menyampaikan uneg-uneg dan gelisah dalam pikiran dengan bebas. Yang kamu perlukan hanyalah waktu selama lima menit saja. Semakin kamu sering menulis, semakin jernih pikiranmu. Dan kejernihan pikiran adalah kunci menemukan solusi atas masalah.

Kurangi screen time

Salah satu penyebab kurangnya istirahat dan kurangnya konsentrasi manusia masa kini adalah karena kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan menghadap layar (screen). Terapkan aturan pada diri sendiri untuk berhenti bermain smartphone, menonton televisi, menggunakan laptop (dan juga termasuk menelepon) selepas jam 9 malam. Cara ini juga bisa kamu terapkan untuk mengurangi kecanduan terhadap social media.

Buatlah tiga prioritas kegiatan yang akan kamu lakukan dalam sehari

Setiap malam setelah menyelesaikan semua pekerjaan, tulislah hanya tiga hal yang menjadi prioritasmu untuk dikerjakan keesokan harinya. Urutkan dari yang paling penting dan mendesak dikerjakan. Ketimbang menuliskan to-do lists harian yang bejibun, lebih baik tuliskan tiga saja yang paling penting.

Decluttering

Decluttering adalah salah satu cara termudah untuk menyederhanakan hidup. Saat kamu mengatur barang-barang yang kamu miliki dan tinggal dengan sedikit barang, yakinlah, hidupmu akan terasa lebih ringan dan lebih baik. Mulailah dengan memilah-milah barang yang tidak lagi membuatmu bahagia dan tak lagi terpakai, satu barang saja sehari. Dalam setahun, kamu akan merasakan ruangan terasa lebih luas dan hidupmu lebih lega.

"When life is simpler, life is better." Semoga saran ini membantumu menjalani kehidupan yang lebih baik ya.

 

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading