Sukses

Beauty

Ini Alasan Wanita Juga Punya Bulu Ketiak, Menurut Dermatologis

Setelah mengalami pubertas, tumbuhnya rambut-rambut halus di beberapa bagian, termasuk ketiak. Tumbuhnya bulu atau rambut ketiak memang wajar terjadi, tidak terkecuali pada wanita. Sayangnya, meski bulu ketiak adalah hal yang wajar, namun para wanita lebih banyak tak menyukainya.

Kira-kira pernahkah kamu mempertanyakan, mengapa wanita juga memiliki bulu ketiak? Beberapa wanita bahkan punya rambut ketiak yang tumbuh lebat.

Seperti dilansir dari Good Housekeeping.com, ahli kecantikan Marta Camkiran mengatakan bahwa rambut ketiak memiliki beberapa fungsi, yaitu mengurangi gesekan antara kulit ketiak bagian atas dan bawah selama melakukan kegiatan, apalagi ketika terlalu banyak gerakan.

Bulu ketiak juga menjaga bagian tubuh yang memiliki pembuluh arteri vital dan memberi tempat munculnya aroma dari hormon feromon (hormon yang mengundang gairah seksual) pada wanita. Itulah mengapa sebaiknya kamu tidak mencukur habis rambut ketiak, ladies.

Alasan wanita juga punya rambut ketiak/copyright Unsplash.com/@billiebodybrand

"Ketika kamu mencukur rambut ketiak, kamu bisa mengalami iritasi, folikulitis, ruam, peradangan, bahkan infeksi jika menggunakan pisau cukur kotor," ujar Dr. Mona Gohara, profesor klinik dermatologi Yale University. "Kita mencukurnya karena norma sosial, padahal secara biologis tidak ada aturan harus menyingkirkannya," ungkapnya.

Dr.Gohara juga menjelaskan, ada anggapan salah bahwa mencukur rambut ketiak adalah cara menjaga kebersihan badan, padahal sebenarnya itu tidak benar, selama kamu menjaga kebersihan secara umum.

Rambut ketiak memang akan menjadi sarang bakteri dan menimbulkan bau, namun bakteri baik juga ada pada rambut ini. Kamu bisa menjaga kebersihan rambut ketiak setiap hari dengan cara mandi tanpa harus mencukurnya habis.

Tapi tentu saja, jika kamu lebih suka mencukur rambut ketika, itu semua keputusanmu sepenuhnya. Pastikan saja kamu nyaman dan hal itu tidak mengganggu kesehatan serta kepercayaan diri kamu ya ladies.

(vem/feb)
;
Loading