Sukses

Beauty

Tubuh Alami 5 Efek Buruk Ini Jika Tidak Pernah Sarapan

Sarapan memegang peran sangat penting bukan hanya jika kamu ingin menurunkan berat badan tapi juga ingin konsentrasi penuh di pagi hari tidak mengacaukan pekerjaan di kantor.

Namun peran sarapan sepertinya masih sering diabaikan banyak orang. Orang jarang menganggap penting bahwa tidak sarapan punya efek buruk untuk tubuh. Seperti dilansir dari Times of India, efek negatif inilah yang dirasakan tubuh jika tak pernah sarapan.

1. Risiko diabetes
Tak pernah sarapan bisa menyebabkan risiko diabetes meningkat karena tubuh secara otomatis akan meningkatkan kadar gula darah jika tidak ada makanan yang bisa diolah dan diubah menjadi energi. Penelitian dari Harvard University menemukan bahwa wanita yang tidak makan pagi berisiko 20 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibanding yang sering sarapan.

2. Berat badan naik
Berbeda dengan makan malam, makan pagi justru bisa menurunkan berat badan karena tubuh memerlukan banyak energi di pagi hingga siang hari sehingga membutuhkan makanan untuk diubah menjadi energi. Tapi ketika tidak sarapan, otak akan membuatmu menginginkan makanan lebih banyak di siang hingga malam hari karena merasa kekurangan makanan. Inilah yang menyebabkan berat badan justru naik jika tak sarapan.

Pentingnya sarapan/copyright Unsplash.com/Brooke Lark

3. Metabolisme kacau
Metabolisme tubuh yang optimal diperlukan di pagi hari karena kamu melakukan aktivitas. Namun jika tidak diikuti dengan sarapan yang rutin, maka metabolisme akan terganggu, terutama dalam hal membakar kalori.

4. Mudah marah karena lapar
Perut yang lapar bisa memicu emosi sehingga mudah tersinggung dan marah. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang rajin sarapan punya suasana hati yang lebih baik dan stabil selama seharian dibanding yang tidak sarapan.

5. Bau Mulut
Orang yang tidak sarapan pasti akan bau mulut karena perutnya kosong. Napas yang bau ini bukan hanya bisa membuatmu dihindari tapi juga membuat malu.

Jadi, mengapa masih suka melewatkan sarapan jika ternyata efeknya buruk untuk kesehatan kamu ladies? Yuk lebih rajin sarapan mulai sekarang!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading