Sukses

Beauty

Botol Air Minum Dipakai Setiap Hari Tapi Jarang Dicuci, Ini Bahayanya!

Jika ingin menerapkan hidup sehat bukan hanya dengan makan buah dan sayur, tapi juga banyak minum air putih. Salah satu cara membiasakan diri minum banyak air putih adalah dengan membawa sendiri air minum ke mana pun kamu pergi. Tentunya kamu butuh botol air minum untuk mendukung kebiasaan sehat ini.

Tapi ada hal lain yang tidak kalah penting untuk kamu ingat, yaitu rajin mencuci botol air minum yang selalu kamu pakai. Seperti dilansir dari Health.com, malas mencuci botol air minum bisa mengancam kesehatan. Karena botol air minum yang jarang dicuci bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Salah satu bakteri yang bisa menimbulkan risiko bahaya kesehatan adalah E.coli. Dikatakan dokter dari Northwell Health, Robert Glatter, bakteri ini bisa menyebabkan gastroenteritis atau infeksi usus. Gejala awal yang timbul dan bisa dirasakan seperti mual, muntah, dan diare.

Botol air minum sebaiknya dicuci setiap hari/copyright Shutterstock.com

Ahli kesehatan menyarankan untuk mencuci botol air minum setiap hari. Akan lebih baik lagi jika punya beberapa cadangan botol air minum pengganti sehingga risiko mengembangkan bakteri menjadi lebih kecil.

Cara pencucian botol air minum sendiri sebenarnya tidak ribet, cukup dengan sabun cuci piring dan sikat bagian dalamnya dengan sikat botol. Gosok berulang kali bagian mulut botol dan tutupnya. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Bisa juga menggunakan air hangat atau cuka agar lebih steril dan higienis. Jangan lupa untuk mengeringkannya di bawah sinar matahari untuk mencegah kondisi lembab di dalam botol yang justru nyaman sebagai tempat berkembangnya bakteri.

Jadi, jika kamu tak ingin mengundang penyakit karena ingin menerapkan hidup sehat dengan banyak minum air, jangan lupa mencuci botol air minum kamu setiap setelah dipakai ya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading