Sukses

Beauty

5 Alasan Mengapa Rambut Bisa Lebih Rontok Saat Cuaca Panas

Saat membayangkan cuaca panas, pasti kamu akan terpikir untuk mandi, minum air dingin, terutama keramas. Rasanya rambut yang terkesan lepek karena keringat akan membuatmu bad mood. Tapi memang seru sih jika kamu melakukan kegiatan outdoor saat cuaca panas, tapi apa jadinya kalau kamu selalu gerah dan selalu ingin keramas? 

Dilansir dari Be Beautiful, pasalnya cuaca panas hanya akan membuat rambut menjadi rusak seperti rambut rontok karena berbagai faktor seperti sinar matahari yang panas. Nggak heran kalau cuaca panas akan merusak rambut dan membuatnya menjadi kering. Untuk itu dalam segala cuaca apapun, ada baiknya kamu lakukan 5 hal ini untuk mencegah rambut semakin rontok saat cuaca panas.

1. Sinar matahari yang terik dan panas
Sinar UV yang setiap hari terserap akan mengurangi kelembapan rambut dan malah membuat rambut semakin kusam, kering, dan juga kemerahan. Rambut yang kering hanya akan membuat rambutmu rapuh sehingga rambut bisa menjadi mudah patah dan rontok. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa melindungi rambutmu dengan topi atau minyak pelindung rambut.

2. Zat klorin yang terdapat di kolam renang
Rasanya kalau saat cuaca panas bawaannya selalu ingin berenang. Tapi tahukah kamu kalau zat kimia yang ada di kolam renang seperti klorin yang bisa merusak rambut. Zat klorin ternyata mengandung bahan kimia yang bisa membuat rambut kering dan menghilangkan sebum pada rambut yang bisa menyebabkan rambut menjadi kusam, rapuh, dan cepat rusak. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya gunakan minyak kelapa atau zaitun untuk melindungi dan menjaga kelembapan rambut.

3. Masalah ketombe pada rambut
Cuaca panas bisa menyebabkan rambut ketombe dan berkeringat karena suhunya yang tinggi dan bisa meningkatkan mikroba penyebab ketombe, malassezia globossa. Rambut yang berketombe hanya akan membuat kulit kepala gatal dan radang yang bisa merontokkan rambut. Untuk menghilang ketombe dengan cepat, sebaiknya gunakan shampoo anti-dandruff saat cuaca panas.

4. Menyisir rambut saat basah
Biasanya kita akan lebih sering mandi dan keramas saat cuaca panas. Setelah keramas, baiknya jangan dibiasakan untuk menyisir rambut dengan menggunakan sisir. Cukup gunakan jari-jarimu untuk menyisir rambut secara perlahan.

5. Sering berada di ruangan AC
Air conditioners adalah musuh terbesar untuk rambut, namun seringkali selalu menjadi andalan saat cuaca panas. Padahal udara dari AC bisa membuat kelembapan kulit kepalamu menjadi terhenti dan membuatnya menjadi kering. Untuk menghindari hal ini, seringlah merawat rambut memakai masker seminggu sekali.

Nah, itulah yang harus kamu ketahui untuk mencegah rambut rontok saat cuaca panas. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading