Sukses

Beauty

Ternyata Kafein Bisa Berikan Hal Mengejutkan Ini Pada Tubuhmu

Beberapa dari kamu pasti adalah pecandu kafein seperti kopi. Bagimu kopi bisa memberikan energi dan semangat saat menjalani hari yang berat dan melelahkan. Selain itu, kopi saat ini telah menjadi simbol sebagai kebersamaan untuk bisa berkumpul bersama teman atau istilahnya "ngopi".

Dilansir dari This is Insider, ternyata kopi punya pengaruh baik terhadap tubuh terutama otak. Dari membantu ingatan sama mempengaruhi usia, kafein bisa mengubah kinerja otak dalam berbagai cara. Untuk kamu yang penasaran, simak yuk apa saja efek yang terjadi jika kafein masuk ke dalam tubuh.

1. Kafein bisa memanipulasi otak agar tidak mudah capek
Ketika kamu meminum segelas kopi, kafein akan menghalangi reseptor adenosine yang bisa menyebabkan kantuk dan capek. Di samping itu, otak yang dimiliki penikmati kafein akan bertambah reseptor adenosine, sehingga inilah alasan mengapa penyuka kafein menjadi kecanduan minuman kopi.

2. Kafein bisa meningkatkan mood
Seperti yang kita tahu kalau kafein bisa menghentikan reseptor adenosine. Jika reseptor itu berhenti, maka dopamine akan bisa bekerja lebih baik untuk menstimulasi otak agar mengeluarkan zat yang bisa membuat kamu jadi lebih bahagia. Beberapa studi juga mengatakan bahwa sering mengonsumsi kafein membuat seseorang memiliki depresi yang rendah dan terhindar dari penyakit.

3. Kafein melancarkan darah pada otak
Jika kamu merasa sakit kepala dan migrain, kafein bisa menjadi salah satu obat mujarab untuk mengobatinya. Sakit kepala bisa disebabkan karena pembuluh darah yang melebar di otak, maka dari itu kafein dengan takaran yang tepat bisa membantu mencegahnya.

4. Secangkir kopi bisa meningkatkan ingatan
Berdasarkan penelitian pada jurnal Nature Neuroscience menemukan bahwa kafein bisa memperkuat ingatan seseorang dalam 24 jam setelah mengonsumsinya. Kafein juga bisa membantu pekerjaan yang sulit dan mengingatkan kembali informasi yang kamu butuhkan. Terbukti kafein mampu membuat seseorang semangat dalam mengerjakan tugas daripada orang yang tidak mengonsumsi kafein.

5. Bisa memperpanjang umur
Melalui penelitian terhadap 50.000 orang di 10 Negara Eropa selama rata-rata 16 tahun ditemukan bahwa partisipan yang lebih sering minum kopi memiliki riwayat kematian yang paling sedikit, terutama pada partisipan yang minum 3-4 cangkir kopi dalam sehari.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsi kafein. Setelah membaca ini apakah kamu makin doyan minum kopi?

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading