Sukses

Beauty

Baiknya Sarapan Sebelum atau Sesudah Olahraga? Ini Jawabannya!

Olahraga menjadi kebutuhan setiap orang jika ingin sehat. Seperti halnya olahraga, sarapan juga jadi kebutuhan yang bisa menjaga kesehatan bahkan berat badan. Tapi jika ingin olahraga pagi, sebaiknya sarapan dulu atau tidak ya?

Banyak orang mungkin pernah menanyakan hal ini. Dan sepertinya akan lebih baik jika kamu sarapan dulu jika ingin olahraga. Karena menurut penelitian American College of Sports Medicine, orang yang olahraga dalam keadaan perut kosong ternyata menunjukkan kinerja tubuh yang lebih rendah atau tidak bertenaga sehingga olahraga tidak bisa optimal dan intens.

Bukan hanya energi yang lemah, olahraga saat lapar juga bisa menimbulkan pusing karena kadar glukosa yang rendah di dalam tubuh. Dilansir dari Livestrong.com, bahkan orang yang tidak sarapan sebelum olahraga justru cenderung makan berlebihan setelah olahraga.

Tentu banyak orang juga akan kontra dengan hal ini. Pasalnya, ketika ingin olahraga dalam keadaan perut kenyang, justru membuat otot perut kram dan sakit. Nah, hal ini yang perlu diperhatikan, bahwa sarapan juga tidak perlu terlalu banyak hingga sangat kenyang. Cukup sedikit saja untuk mengganjal perut, paling tidak kamu tidak dalam keadaan perut benar-benar kosong.

Sarapan sebelum olahraga/copyright Unsplash.com/Joseph Gonzalez

Oleh karena itu, pakar gizi sekaligus Sekretaris Indonesia Nutritional Association (INA), Saptawati Bardosono mengungkapkan, "Sebenarnya, belum ada penelitian secara jelas soal itu. Saya pikir, itu sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Kalau tidak sempat sarapan sesudah olahraga ya sebelum olahraga."

Jadi, untuk sarapan atau tidak sebelum olahraga, semua itu kembali kepada kebutuhan masing-masing ya ladies. Jika memang lebih nyaman tidak sarapan dan tidak ada pengaruh berarti pada tubuh, maka lakukan saja. Jika memang harus sarapan dahulu sebelum olahraga untuk mencegah hal-hal tak diinginkan, silahkan saja. Pastikan semua itu bertujuan utama demi kesehatanmu ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading