Sukses

Beauty

Benarkah Berat Badan Turun Membuat Rambut Rontok?

Ketika melakukan program diet menurunkan berat badan, kamu pasti akan bahagia ketika angka timbangan turun dan kamu sukses dengan dietmu. Namun ada kalanya berat badan yang turun drastis bisa berpengaruh buruk pada kesehatan rambut. Beberapa orang mungkin akan mengalami kerontokan rambut.

Jangan panik dulu ladies, karena ternyata efek ini cukup wajar terjadi lho. Seperti dilansir Women's Health, apa yang kamu alami in normal. Dikatakan spesialis rambut sekaligus dokter bedah Ken L. Williams Jr., D.O.,"Secara klinis, kerontokan rambut memang bisa dipicu penurunan berat badan yang drastis atau turun berat badan karena stres."

Dalam beberapa kasus, semakin banyak berat badan yang turun, semakin banyak pula rambut yang rontok. Penyebab utama semua ini adalah nutrisi. Fatima Cody Stanford, M.D., M.P.H., ahli gizi dan obat obesitas Massachusetts General Hospital mengatakan bahwa kebanyakan orang kurang mengonsumsi protein ketika berat badan turun.

Rambut rontok karena berat badan turun/copyright Shutterstock.com

Ketika tubuh kekurangan protein, tubuh akan memutuskan manakah bagian tubuh yang harus 'dikorbankan' sehingga bisa bertahan, dan kemungkinan itu berasal dari rambut.

Untungnya, hal ini berlangsung sementara saja. Selama kamu bisa mencukupi kebutuhan protein dan nutrisi lainnya, kerontokan rambut bisa diatasi dengan baik. Disarankan untuk lebih banyak juga mengonsumsi zat besi dan seng dari makanan karena mineral penting mampu dalam hal pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Kamu bisa mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, buah alpukat dan protein hewani seperti telur dan daging. 

Jadi, sekarang kamu tahu kan apa sebabnya rambut jadi rontok selama kamu menurunkan berat badan? Yuk cukupi kebutuhanmu agar badan bisa langsing dan rambut tidak rontok lagi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading