Sukses

Beauty

5 Alasan Payudara Terasa Sakit, Wanita Wajib tahu!

Payudara mungkin menjadi salah bagian tubuh yang mengagumkan, terlepas dari bentuk dan seberapa besar mereka. Namun ada kalanya payudara juga perlu perhatian khusus dari sisi kesehatan. Ada kalanya para wanita mengalami rasa sakit di area payudara dan banyak yang tak mengetahui apa alasannya.

Padahal penting sekali mengetahui apa sebab rasa sakit di payudara. Terutama untuk mengetahui apakah ada risiko penyakit yang perlu diwaspadai. Dilansir dari Women's Health, ini sekian alasan payudara terasa sakit.

1. Menstruasi
Ini adalah alasan paling umum yang dirasakan banyak wanita karena perubahan hormon sebelum, selama hingga selesai menstruasi, khususnya karena kadar hormon estrogen yang menurun.

Diane Young, M.D., dokter kandungan Cleveland Clinic's Willoughby Hills Family Health Center mengatakan, "Selama ovulasi, kadar hormon estrogen, progesteron, testosteron naik namun ketika PMS datang, hormon-hormon ini akan menurun drastis dan ketika inilah wanita mengalami rasa sakit di payudara."

2. Meningkatkan intensitas olahraga
Ketika kamu melakukan olahraga lebih keras, misalnya push-up, otot di sekitar payudara bisa merasakan efeknya. Bukan otot payudara secara spesifik, namun otot dada yang mengalami stretch terlalu lama. Kamu bisa mengurangi latihan agar tidak sakit.

3. Bra yang salah
Memakai bra sebaiknya yang ukurannya pas dan tidak terlalu sesak. Memakai ukuran bra yang salah bisa menyebabkan payudara sakit atau nyeri, apalagi ketika ukuran payudara cukup besar.

Payudara sakit karena bra yang kekecilan/copyright Shutterstock.com

4. Payudara sedang bengkak atau ada benjolan
Terkadang payudara bisa tampak lebih besar dan keras karena bengkak karena karena jaringan payudara fibrocystic. Benjolan pada payudara ini bisa jadi tanda adanya masalah pada payudara. Dikatakan Diane Young, M.D., benjolan itu bisa jadi kista jinak atau kantung cairan di dalam payudara. Benjolan ini mungkin tidak meningkatkan risiko kanker payudara, namun bisa membesar dan menyakitkan.

5. Sensitif terhadap kopi
Ada beberapa wanita yang sensitif terhadap kopi dan salah satu efeknya adalah payudara terasa sakit. Jika payudara memiliki jaringan fibrocystic atau kista, payudara bisa terasa sakit karena efek kopi. Diane Young menjelaskan, payudara punya saluran kecil yang terkadang bisa membengkak karena stimulan dari kafein atau cokelat sehingga payudara terasa lebih keras dan sakit.

Jadi, kini kamu sudah tahu kan alasan mengapa payudara kamu terasa sakit? Selama itu bukan tanda kesehatan yang perlu diwaspadai, kamu tak perlu khawatir ladies.

(vem/feb)
;
Loading