Sukses

Beauty

Ini Bahaya Memanaskan Makanan dengan Wadah Plastik dalam Microwave

Kebanyakan orang menyimpan makanan di dalam wadah plastik karena lebih ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Namun jangan menganggap wadah makanan dari plastik bisa digunakan menghangatkan makanan di dalam microwave ya.

Dilansir dari New York Post, American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa ada bahaya yang ditimbulkan jika menyimpan dan menghangatkan makanan menggunakan wadah plastik di dalam microwave. Bahan kimia dari wadah plastik yang bersentuhan dengan makanan dan dihangatkan dalam microwave bisa menimbulkan masalah kesehatan, terutama pada anak-anak.

Salah satu bahan kimia dalam plastik yang bereaksi buruk dalam tubuh adalah bisphenol seperti BPA, bisa menyerupai hormon estrogen dalam tubuh dan berpotensi mengubah waktu pubertas, mengurangi kesuburan, meningkatkan lemak tubuh, dan memengaruhi sistem saraf serta kekebalan tubuh.

Bahan kimia lain seperti phthalates yang berfungsi membuat plastik lebih fleksibel juga bisa menimbulkan efek memengaruhi perkembangan alat kelamin laki-laki, meningkatkan obesitas di masa kanak-kanak, dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Bahkan wadah plastik yang diklaim dan diberi label 'aman untuk microwave' juga tetap dapat menimbulkan risiko kesehatan ketika tergores atau berubah warna. Jadi lebih baik tidak menggunakan wadah plastik apa pun jika ingin menghangatkan makanan.

Jika ingin menghangatkan makanan atau menyimpan makanan hangat, lebih baik pilih wadah kaca atau keramik saja.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading