Sukses

Beauty

7 Cara Agar Tidak Larut Kesedihan Meski Atlet Jagoan Gagal

Mendukung atlet Indonesia bertanding di Asian Games 2018 dengan lawan dari negara lain memang menjadi kewajiban masyarakat Indonesia. Namun selama mendukung atlet bertanding, sebagai suporter, kita juga harus bisa menerima kekalahan dari lawan yang tangguh.

Tapi bagaimana jika kekecewaan karena atlet jagoan kalah tidak kunjung mereda? Begini caranya agar tidak terlalu larut dengan kesedihan dan bisa tetap semangat mendukung atlet kesayangan.

1. Akui perasaan kamu
Jika marah, kesal dan kecewa, sebaiknya memang diungkapkan, dilampiaskan, jangan dipendam. Akui bahwa perasaan itu memang ada di dalam hati dan mengeluarkan perasaan negatif akan membuatmu lega.

2. Kendalikan emosi
Kamu harus tahu bahwa semua itu adalah pertandingan, dan wajar jika ada menang dan kalah. Kamu perlu mengendalikan emosi dan belajar menerima kekalahan atlet jagoan. Tak perlu bertindak anarkis hingga menaruh kebencian mendalam terhadap lawan yang menang.

3. Ngobrol dengan suporter atlet yang sama
Berbagai perasaan dengan para suporter yang sama-sama mendukung atlet jagoan juga bisa mengurangi rasa kecewa. Saling membesarkan hati masing-masing sehingga bisa menerima kekalahan dan percaya atlet akan berhasil di pertandingan lainnya.

Sri Wahyuni yang harus menerima kekalahan dari atlet angkat besi Korea Utara/copyright Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

4. Lampiaskan dengan positif
Ada baiknya jika bisa melampiaskan perasaan dengan cara positif, entah itu dengan makan bersama teman atau mendinginkan kepala dengan menonton acara lucu. Kembalikan mood kamu agar tidak tenggelam dalam kekecewaan.

5. Alihkan perhatian
Kekecewaan akan memudar jika kamu punya kegiatan lain yang lebih penting untuk dipikirkan atau diperhatikan. Jadi lakukan berbagai kegiatan yang bisa membuatmu melepaskan kekecewaan tersebut.

6. Olahraga
Kmau bisa melupakan dan meluapkan emosi dengan cara olahraga. Kegiatan fisik akan membakar energi di dalam tubuh sekaligus menjadi pelampiasan emosi sehingga bisa menjaga kestabilan emosional.

7. Tetap Optimis
Jangan berpikiran negatif, tetap optimis pada pencapaian atlet yang sudah melakukan usaha terbaik. Jika harus kecewa, atlet yang bertanding justru lebih kecewa dari kamu. Jadi, tetaplah optimis.

Otak memang memiliki sistem saraf yang bisa dipengaruhi hormon-hormon kebahagiaan dan kepuasan seperti dilepasnya hormon dopamin sehingga membuat kita puas dan senang. Namun ada juga saraf khusus yang disebut mirror neurons yang berfungsi memberikan respon simpati, mampu menempatkan diri di posisi seseorang sehingga bisa memahami perasaan orang lain.

Jadi, jangan terlalu kecewa ya ladies. Karena perjungan para atlet Indonesia dalam ajang Asian Games 2018 pasti sudah maksimal dan mengerahkan kemampuan terbaik mereka. Tetap dukung mereka ya!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading