Sukses

Beauty

Biar Gigi Tak Makin Berlubang, Ingatkan Anak untuk Lakukan 3 Hal Ini!

Anak-anak dikenal dengan pecinta makanan manis. Makanan seperti cokelat, es krim, permen, dan gula adalah hal favorit yang selalu dicarinya saat mau makan. Namun, yang sering diabaikan adalah anak jarang untuk menggosok giginya sehabis makan. Padahal makanan dan minuman manis bisa memicu tumbuhnya bakteri pada gigi sehingga gigi menjadi berlubang.

Hal inilah yang sering kurang diperhatikan oleh orangtua dan baru disadari setelah giginya telah berulang. Dilansir dari hellosehat, berikut ini cara merawat gigi yang baik dan benar untuk mencegah datangnya gigi berlubang.

1. Rajin menyikat gigi secara teratur
Menyikat gigi tentunya perlu dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Disarankan saat menyikat gigi, anak harus memakai pasta gigi yang mengandung fluoride karena bisa menggantikan mineral pada gigi yang hilang setelah makan. Selalu pastikan untuk si kecil menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur.

2. Memperhatikan makanan yang dimakan anak
Jika Mom sering memperhatikan anak kecil yang suka manis tentunya giginya lebih cepat berlubang bukan? Maka dari itu sangatlah penting menjaga makanan, karena makanan bisa mempengaruhi kesehatan gigi. Makanan dan minuman manis hanya akan memicu bakteri dan asam sehingga bisa mengikis mineral pada permukaan gigi. Maka dari itu ingatkan dia untuk selalu membatasi untuk mengonsumsi segala yang berasa manis. Jangan sampai ia hanya mau makanan manis daripada makan makan makanan utamanya.

3. Memeriksakan gigi anak ke dokter gigi secara rutin
Memang terlihat sepele, namun Mom tetap perlu membawa anak datang ke dokter gigi setidaknya satu tahun sekali. Hal ini bisa Mom lakukan untuk mencegah kerusakan gigi anak sejak dini. Mom perlu memberitahukannya bahwa ke dokter gigi bukanlah hal yang menakutkan melainkan ajarkan padanya bahwa hal ini juga untuk kebaikannya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Mom lakukan untuk mencegah anak punya gigi yang berlubang. Selamat mencoba!

(vem/mgg)
;
Loading