Sukses

Beauty

Tips Kecantikan dari Beauty Vlogger Liah Yoo untuk Jerawat yang Bandel

Bagi kamu yang memiliki kulit acne prone, persoalan jerawat tentu saja menjadi musuh utama yang paling dihindari. Mulai dari melakukan acne treatment, hingga menggunakan berbagai produk acne skin care, semuanya dilakukan demi melenyapkan masalah kulit tersebut. Meski sudah menggunakan produk khusus jerawat, pernahkah kamu merasa jerawat tetap saja stay di wajah dan tak kunjung menghilang? Alih-alih meragukan efektivitas dari produk-produk tersebut, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal yang disampaikan oleh Liah Yoo.

Pada video YouTube-nya ini, beauty vlogger sekaligus beauty guru asal Korea Selatan ini memaparkan hal-hal apa saja yang dapat berpotensi membuat jerawat tak kunjung menghilang, meskipun sudah menggunakan produk skin care khusus jerawat dalam kurun waktu yang cukup lama. Bagi kamu yang sedang berjuang dalam mengatasi masalah jerawat, coba perhatikan hal-hal berikut ini, deh!

Menggunakan Skin Care yang Mengandung Alkohol atau Oil Free

Kebanyakan orang dengan kulit berminyak menginginkan tampilan wajahnya benar-benar bersih dari sebum yang seringkali dianggap sebagai penyebab timbulnya jerawat. Oleh karena itu, tak jarang jika sebagian besar dari mereka seringkali menggunakan produk skin care berlabel oil-free atau bahkan yang mengandung alkohol dengan harapan dua hal tersebut dapat mengurangi tampilan minyak berlebih di wajah. Alih-alih mendapatkan kulit yang bebas kilap, terlalu sering menggunakan produk-produk tersebut justru hanya akan membuat kulit kamu jadi kehilangan kelembapan alaminya.

Perlu diketahui, semakin keras usaha kamu untuk mengurangi produksi minyak di wajah, maka akan semakin besar pula produksi minyak yang dihasilkan. Selain itu, kandungan alkohol juga kurang baik digunakan pada kulit yang berjerawat. Cobala gunakan produk-produk skin care yang mengandung ekstrak minyak alami yang tak hanya baik untuk menghidrasi kulit tapi juga aman untuk kulit berjerawat, seperti olive oil, jojoba oil, atau minyak esensial lainnya yang mengandung linolenic acid.

Terlalu Sering Menggunakan Produk Acne Treatment

Saat ini, ada banyak produk acne treatment yang hadir dengan klaim dapat mengeringkan jerawat dalam waktu singkat. Tergiur akan klaim yang ditawarkan, akhirnya ada sebagian wanita menggunakan produk ini sesering mungkin. Alih-alih jerawat jadi kering dan hilang, terlalu sering menggunakan produk jenis ini malah akan mendatangkan masalah baru, salah satunya kulit wajah yang mudah menjadi kering. Meski demikian, menggunakan acne treatment product tidak salah kok, asalkan pemakaiannya tidak sering serta dosis yang digunakan juga sesuai dengan anjuran yang terdapat pada kemasan.

Mencuci Wajah Secara Berlebihan

Salah satu cara menuntaskan jerawat memang dimulai dari memiliki kulit yang bersih. Sayangnya, banyak yang salah kaprah akan hal ini. Ada sebagian wanita yang terlalu sering mencuci wajah dengan harapan ritual ini dapat membuat kulit jadi lebih bersih serta bebas jerawat. Padahal, mencuci wajah terlalu sering tidak akan mendatangkan pengaruh apapun pada jerawat. Yand ada, justru bisa membuat wajah akan lebih mudah berjerawat karena kulit kehilangan kemampuannya untuk menangkal bakteri-bakteri dari lingkungan luar. Selain itu, mencuci wajah terlalu sering juga dapat membuat kulit terlalu kering, sehingga dapat mengikis kelembapan alami serta merusak keseimbangan kulit. Menurut Liah Yoo, mencuci wajah dengan menggunakan facial wash cukup dilakukan pada malam hari saja. Selebihnya, biasakan mencuci wajah dengan menggunakan air saja pada pagi hari untuk tetap menjaga kelembapan alami kulit.

Menggunakan Produk Eksfoliasi dengan Bahan Dasar Scrub

Penggunaan produk eksfoliasi dengan bahan dasar scrub justru dapat melukai kulit dan menyebabkan infeksi pada kulit yang berjerawat. Jika kamu ingin mengeksfoliasi wajah, Liah Yoo menyarankan untuk menggunakan eksfoliator kimia yang mengandung AHA dan BHA yang jauh lebih bersahabat dan lembut untuk kulit dan juga dapat membantu regenerasi sel kulit secara alami. Salah satu produk eksfoliator yang disarankan oleh Liah Yoo adalah AHA/BHA Clarifiying Treatment Toner dari COSRX.

Menggunakan Kandungan yang Bisa Meningkatkan Sensitivitas Kulit

Last but not least, produk-produk skin care yang mengandung wewangian dapat meningkatkan sensitivitas pada kulit, baik itu wewangian dari bahan-bahan alami maupun sintetis. Jika benar-benar ingin menyembuhkan kulit berjerawat dan memperbaiki kondisi kulit, kamu bisa menggunakan produk-produk yang bebas dari kandungan wewangian.

Baca juga: Rekomendasi Produk Perawatan Kulit Wajah dari Brand Lokal untuk kamu yang Memiliki Wajah Berjerawat

(vem/sociolla/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Menggunakan Essence dan Manfaatnya dalam Perawatan Kulit
Artikel Selanjutnya
Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit yang Patut Dicoba