Sukses

Beauty

5 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Membersihkan Wajah dengan Facial Wipes

Setelah lelah beraktivitas seharian, ketika pulang ke rumah tentu hal yang ingin kamu lakukan adalah langsung bersantai atau tidur di atas kasur yang empuk. Rasa malas untuk membersihkan wajah dari sisa makeup, debu, dan kotoran pun tak jarang datang. Alih-alih melakukan double cleansing, kamu mungkin lebih akan memilih membersihkan wajah dengan mengkamulkan facial wipes yang praktis. Produk yang satu ini memang dapat dianggapn sebagai ‘penyelamat’ di kala rasa malas membersihkan wajah datang melkamu. Meski demikian, di balik manfaatnya itu, facial wipes juga dapat menyebabkan kulit jadi iritasi, terutama jika kamu melakukan lima hal ini.

Menyeka Wajah Terlalu Keras

Pernahkah kamu menyeka wajah dengan facial wipes secara kencang karena menganggap hal tersebut mampu menghapus makeup secara lebih maksimal? Sayangnya, anggapan tersebut kurang tepat. Bukannya dapat membersihkan kotoran secara efektif, semakin kuat kamu menyeka wajah justru malah akan menyebabkan kulit jadi iritasi dan timbul efek perih. Hal ini pun diperkuat oleh para ahli dermatologi yang menyatakan bahwa menyeka facial wipes secara berlebihan akan membuat kulit rentan iritasi dan muncul kemerahan.

Baca juga: 5 Pilihan Produk Skin Care dari Brand Lokal yang Dibuat untuk Kulit Berjerawat

Menjadikannya Sebagai Pengganti dari Double Cleansing

Facial wipes mungkin akan menjadi penyelamat saat kamu sedang malas membersihkan wajah. Tapi, jangan karena produk ini bisa membersihkan wajah, kamu jadi kerap melupakan double cleansing, ya. Meski prosesnya lebih panjang, namun ritual ini sangat penting dilakukan. Selain mampu membersihkan seluruh kotoran, minyak dan sisa makeup dengan maksimal, double cleansing juga dapat membuat kondisi kulit wajah jadi lebih sehat.

Menggosok Kulit di Area Mata

Mata merupakan area kulit yang tergolong paling sensitif. Jika kamu termasuk orang yang suka bermain dengan riasan mata, apalagi dengan formula yang waterproof, mungkin akan merasa lebih sulit saat harus membersihkannya jika hanya mengkamulkan facial wipes. Ayo, jangan malas membersihkan area mata! Maskara dan eyeliner waterproof sebaiknya tetap dibersihkan dengan pembersih yang berbahan dasar minyak. Selain lebih efektif, cleansing oil juga minim menimbulkan gesekkan pada kulit.

Baca juga: Selain Membersihkan Makeup, Inilah Manfaat Lain yang Bisa kamu Dapatkan dari Cleansing Oil

Kurang Tepat dalam Memilih Kandungan

Sama halnya dengan memilih serum atau pelembap, memilih facial wipes juga harus teliti dan disesuaikan dengan jenis serta masalah kulit yang kamu alami. Sebisa mungkin, hindari facial wipes yang memiliki kandungan alkohol beserta turunannya jika tak ingin memicu iritasi kulit. Selain itu, dengan menghindari kandungan tersebut, kulit pun akan jadi terhindar dari masalah kekeringan dan dehidrasi.

Menyimpannya Sembarangan

Seharusnya, facial wipes tersimpan dalam kondisi ruang yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung guna menjaga kandungannya agar tetap efektif. Saat kamu lupa menutup kemasannya dengan baik, facial wipesakan terekspos dengan udara dan lekas mengering. Jika hal ini sudah terjadi, tentu saja produk sudah tidak akan dapat bekerja secara maksimal. Nah, untuk mencegah terjadinya hal ini, pastikan kamu selalu menutup rapat kemasan atau menyimpannya dalam kulkas untuk mencegah facial wipes jadi kering.

Baca juga: Mengenal 4-2-4 Cleansing Method, Rahasia Bae Suzy untuk Dapatkan Kulit Wajah yang Bersih dan Sehat

(vem/sociolla/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips agar Wangi Parfum Bertahan Lama
Artikel Selanjutnya
Manfaat Lemongrass bagi Kesehatan Kulit yang Perlu Diketahui