Sukses

Beauty

5 Manfaat Cuka Apel untuk Kulit yang Bisa Kamu Dapatkan

Sebagian besar orang memanfaatkan cuka apel untuk menjaga kesehatan dan menambah cita rasa pada masakan. Di balik dua manfaat utama ini, ternyata cuka apel juga memiliki khasiat lain, lho. Cuka yang berasal dari hasil fermentasi sari apel ini ternyata memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan kulit. Bahkan manfaat cuka apel untuk kecantikan juga dianggap sama dengan minyak kelapa. Penasaran dengan berbagai manfaat kecantikan yang bisa kamu dapatkan jika rutin merawat kulit dengan bahan ini? Simak terus artikel ini, ya.

1. Melawan Jerawat

Cuka apel merupakan salah satu alternatif menghilangkan jerawat secara alami yang baik. Hal ini disebabkan karena cuka apel memiliki zat anti bakteri and antiseptik yang bermanfaat untuk mencegah jerawat. Kandungan lainnya seperti Alpha Hidroxy Acid dan Acetic Acid turut menjaga pori-pori kulit tetap bebas dari bakteri penyebab jerawat, debu, serta polusi.

Cara penggunaan: campurkan sesendok cuka apel dengan dua cangkir air lalu aplikasikan menggunakan kapas lembut pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari atau setiap kali kamu selesai mencuci wajah.

Baca Juga: Beda Jerawat, Beda Juga Cara Menanganinya. Yuk, Cari Tahu Cara untuk Mengobati Jerawat Sesuai Jenisnya!

2. Memudarkan Noda pada Wajah

Memudarkan Noda pada Wajah/Copyright Shutterstock

Noda pada wajah bisa disebabkan oleh bekas jerawat yang menghitam atau penuaan dini. Selain melawan jerawat, cuka apel juga dapat membantu memudarkan noda pada wajah. Kandungan Alpha Hidroxy Aciddalam cuka apel juga mempercepat regenerasi kulit.

Cara penggunaan: campurkan sesendok cuka apel dengan dua cangkir air lalu aplikasikan menggunakan kapas lembut pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

3. Toner Wajah

Cuka apel telah lama dikenal sebagai toner alami yang baik untuk kulit wajah, khususnya kamu dengan tipe kulit berminyak. Sifat astringent dalam cuka apel membantu menghambat produksi minyak secara berlebih pada kulit sekaligus mengecilkan pori-pori wajah. Penggunaan cuka apel secara teratur dapat mencerahkan kulit wajah. Cuka apel juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kamu, mencegah kulit menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering.

Cara penggunaan: siapkan botol atau botol spray ukuran sedang, tuang 8 sendok makan cuka apel dan tambahkan air sebanyak 16 sendok makan dengan perbandingan 1:2. kamu dapat menambahkan minyak essensial favorit kamu untuk menambah aroma. Aduk rata hingga tercampur. Basahi kapas dan gunakan toner seperti biasanya. Gunakan toner satu sampai dua kali sehari.

Baca Juga: Duh! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Menyumbat Pori-Pori Kulit Wajah

4. Mengeksfoliasi Sekaligus Melembutkan Kulit

Mengeksfoliasi Sekaligus Melembutkan Kulit/Copyright Shutterstock

kamu dapat menambahkan beberapa tetes cuka apel sebagai campuran scrub karena salah satu manfaatnya yang baik untuk eksfoliasi kulit. Kandungan Alpha Hidroxy Acid dalam cuka apel membantu mengelupas permukaan kulit dari tumpukan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang sehat. Kandungan Acetic Acid juga dapat melembutkan kulit.

Cara penggunaan: campurkan 1/2 cangkir oatmeal, 1 sendok brown sugar, 1 sendok teh perasan lemon, dan 1 sendok cuka apel. Aduk hingga rata dan berbentuk seberti pasta. Aplikasikan pada kulit dan biarkan 2 hingga 5 menit. Lalu bilas menggunakan air dingin.

5. Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk iritasi sekaligus kemerahan. Cuka apel dikenal sejak lama sebagai pengobatan alami untuk kulit terbakar. Sifat astringentpada cuka apel membantu menenangkan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, cuka apel juga menenangkan kulit akibat iritasi, gatal dan peradangan.

Cara penggunaan: Campurkan ½ cangkir cuka apel dan empat cangkir air. Gunakan kapas atau kain lembut untuk mengaplikasikan larutan ini ke area kulit yang terbakar untuk menenangkan rasa sakit dan rasa terbakar. Ulangi beberapa kali dalam sehari selama beberapa hari hingga kondisi kulit kamu membaik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Skin Care dengan Kandungan Apel yang Bisa kamu Coba!

(vem/sociolla/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Kaviar untuk Kecantikan Wajah, Coba Yuk!
Artikel Selanjutnya
Makeup Natural yang Bisa Ditiru dari Putri Marino, Cantik Alami yang Effortless