Sukses

Beauty

5 Hal yang Membuat Jerawat Kamu Semakin Parah

Menaklukkan jerawat dan breakout sudah cukup menantang. Ditambah lagi dengan bekas luka yang ditinggalkan jerawat. Ragam bekas lukanya pun cukup beragam, mulai dari perubahan warna, hingga perubahan tekstur kulit. Bekas jerawat bisa lebih sulit ditangani jika dibandingkan dengan perawatan jerawat itu sendiri. Perlu kamu ketahui, ada beberapa hal yang dapat membuat pembentukan bekas jerawat semakin parah. Apa saja? Cari tahu dulu yuk agar dapat dicegah.

Tidak Menangani Jerawat Dengan Segera

Salah satu penyebab bekas jerawat semakin parah adalah penanganan yang terlambat. Jenis jerawat yang meninggalkan bekas umumnya bersifat meradang dan terletak di dalam permukaan kulit. Namun, jika perawatan dilakukan sejak awal, jerawat dapat sembuh dengan total dan tidak meninggalkan bekas pada kulit. kamu bisa menggunakan acne spot treatment dengan kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk segera mengatasinya.

Kebiasaan Memecahkan Jerawat dan Mengelupasi Bekas Luka

Kebiasaan Memecahkan Jerawat dan Mengelupasi Bekas Luka/Copyright Shutterstock

Menahan godaan untuk tidak memecahkan jerawat memanglah sulit. Apalagi bila jerawat yang tumbuh sudah besar, matang, dan dirasa sangat mengganggu penampilan. Namun, kalau kamu ingin proses penyembuhan jerawat dapat berlangsung dengan total, hindari kebiasaan ini ya. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko diskolorasi dan munculnya bekas luka pada kulit. Begitu juga dengan setelahnya, saat jerawat mengering, hindari untuk mengelupaskan bekas luka karena dapat merusak jaringan kulit dan membuat bekas jerawat semakin parah.

Baca juga: 5 Produk Skin Care Untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Membersihkan Pori-Pori Secara Berlebihan

Menjaga kebersihan pori-pori merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya jerawat. Namun, perlu diingat bahwa membersihkan pori-pori secara berlebihan pun tidak baik. Terutama jika kamu membersihkannya sendiri menggunakan blackhead extractor tool. Butuh tangan terlatih agar pembersihan pori-pori tidak berujung dengan luka berat atau inflamasi. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan nose pack atau pore strips.

Tidak Menggunakan Sunscreen Secara Rutin

Tidak Menggunakan Sunscreen Secara Rutin/Copyright Shutterstock

kamu yang memiliki kulit berjerawat mungkin memiliki pertimbangan tersendiri untuk tidak menggunakan sunscreen karena takut memperparah jerawat. Namun, pada dasarnya kulit selalu membutuhkan perlindungan dari sinar UV. Apalagi penggunaan produk perawatan jerawat sering kali membuat tingkat sensitivitas kulit terhadap matahari semakin meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan bekas jerawat semakin gelap dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk sembuh. Pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen yang formulanya tidak memicu timbulnya jerawat untuk melindungi kulit dari beragam masalah.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami yang Mudah Dicoba

Melewatkan Eksfoliasi

Bermasalah dengan bekas jerawat yang membandel? Rawat dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi rutin merupakan salah satu cara untuk menyamarkan bekas jerawat. Perawatan ini dapat mempercepat regenerasi sel kulit dan membantu perbaikan jaringan kulit yang rusak akibat jerawat. Satu hal yang penting untuk diingat, pastikan untuk melakukan eksfoliasi hanya ketika kulit wajah sudah sembuh dari jerawat. Eksfoliasi pada jerawat sedang tumbuh atau jerawat yang mengalami luka akan membuat jaringan kulit semakin rusak.

(vem/sociolla/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
BJ Editors: 3 Inspirasi Party Makeup Look untuk Merayakan Momen Spesial
Artikel Selanjutnya
3 Fakta Jerawat Kista Seperti yang Dimiliki Lili Reinhart