Sukses

Beauty

Foundation Free: Kecanduan Foundation Bikin Mental dan Kulitku Tidak Sehat

Ladies, setuju kah kamu jika pemakaian make up bertujuan untuk mengoreksi kekurangan dan menonjolkan kelebihan wajah? Memang, pada prakteknya ada sebagian orang yang terbiasa menggunakan make up untuk mengubah wajahnya. Misalnya dengan menggunakan foundation tebal untuk memberikan kesan wajah yang lebih cerah, ketimbang menutupi noda dan bekas jerawat.

Saat ini di Instagram, seringkali kita lihat para beauty guru yang menggunakan foundation berlapis-lapis. Meski dengan teknik make up yang terus berkembang yang dapat memberikan kesan make up tebal tidak terlalu medok, tetapi penggunaan foundation yang tebal tentu akan berdampak pada kulit. Apalagi jika kita setiap hari menggunakannya.

Pakai foundation tiap hari, kulitmu akan 'menangis'

Foto: copyright pixabay.com

Foto: copyright pixabay.com

Tidak bisa dipungkiri, peran make up sangat berpengaruh pada penampilan seseorang. Khususnya pada mereka yang bekerja di sektor-sektor tertentu yang harus tampil di depan kamera dan harus bertemu dengan banyak orang setiap hari. Mereka dengan tuntutan penampilan prima ini biasanya menjadikan make up sebagai rutinitas sehari-hari. Apalagi pemakaian foundation.

Foundation adalah salah satu bagian dari complexion yang mampu menjadi dasar sebelum kulit kita 'dilukis' dengan make up dekoratif lain. Tetapi, pemakaian foundation tiap hari nyatanya akan menyiksa kulitmu. Foundation, baik cair maupun padat, akan menutupi pori-pori wajah, selama pemakaian. Jika tidak dibersihkan dengan benar, maka jerawat akan muncul. Belum lagi jika digunakan setiap hari, maka kulitmu akan terpapar bahan kimia yang bisa saja membuat kulit kering hingga alergi.

Foundation free: melepaskan ketergantungan terhadap foundation

Foto: copyright pexels.com

Foto: copyright pexels.com

Penggunaan foundation bagi sebagian orang bertujuan hanya untuk menutupi kekurangan atau digunakan saat acara-acara khusus. Tetapi, bagi sebagian yang lain, menggunakan foundation seperti rutinitas yang membuat kecanduan. Seperti yang diungkapkan beauty vlogger Liah Yoo, "Awalnya saya terobsesi (menggunakan foundation), kemudian obsesi itu berubah menjadi candu. Bahkan saya tidak pernah keluar rumah tanpa menggunakan foundation, mau itu ke gym atau supermarket."

Bukan hanya untuk kesehatan kulitnya, Liah Yoo merasa kecanduannya terhadap foundation sudah tidak sehat secara mental. "Foundation memberi saya rasa percaya diri. Namun kemudian saya merasa kecanduan, merasa penggunaannya sebagai senjata supaya saya tidak pernah menunjukkan noda saya yang sebenarnya. Saya menunjukkan rasa tidak aman itu kepada orang lain, dan saya khawatir orang-orang akan menghakimi saya karena kulit saya yang sebenarnya tidak terlalu baik."

Karena itulah Liah Yoo mulai memperkenalkan "foundation free" sebagai terapi untuk melepaskan ketergantungannya terhadap pemakaian foundation selama bertahun-tahun. Ini langkah-langkah yang dilakukan Liah Yoo:

Satu hari foundation free

Jika kamu pengguna make up setiap hari, di hari libur, perbolehkan kulitmu bernafas sejenak. Mungkin kamu bisa memilih hari Minggu di mana biasanya tidak banyak kegiatan dilakukan di luar rumah. Jika sudah terbiasa, kamu bisa membiasakan diri sepanjang akhir pekan tanpa foundation.

Beralih ke foundation dengan coverage sheer

Buat kamu yang biasa menggunakan foundation dengan coverage tinggi, tentu menggunakan foundation dengan coverage sheer ibaratnya menelanjangi noda-noda yang ada di wajah. Don't worry, Ladies, kamu nggak harus langsung mengubah kebiasaan itu kok. Perlahan-lahan, beralihlah dari foundation coverage tinggi, ke coverage medium, lalu ke coverage sheer hingga akhirnya tanpa foundation sama sekali.

Gunakan concealer

Untuk kulit berjerawat, sebaiknya memang tidak menutupi seluruh wajah dengan foundation. Jika kamu masih belum percaya diri dengan noda-noda di wajah tanpa foundation, gunakan concealer tipis-tipis untuk menutupi bagian yang ingin dikoreksi.

No foundation but yes for sunscreen

Meski tanpa foundation, bukan berarti kamu bisa keluar dengan kulit wajah yang "telanjang". Wajib hukumnya menggunakan sunscreen untuk melindungi wajah dari sinar UV.

Kulit wajahmu adalah jendela dirimu

Kulit wajahmu mencerminkan gaya hidupmu, terlebih apa yang kamu konsumsi. Lakukan diet seimbang yang bernutrisi. Diet bukan hanya menyoal melangsingkan tubuh, melainkan juga mengatur pola makan dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Kulitmu lah yang akan mencerminkannya.

Memang tidak mudah melakukannya di awal. Tetapi percayalah bahwa kulit wajahmu juga ingin merdeka. Foundation memang bisa mengoreksi secara cepat kekurangan pada kulitmu, tetapi kulit wajah punya mekanismenya sendiri untuk memperbaiki diri dan bertahan lebih lama. Bagaimana, berani melepaskan foundation dari make up routinemu?

(vem/wnd)
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Alami Menghaluskan & Menghitamkan Rambut Pakai Lidah Buaya
Artikel Selanjutnya
4 Bahan Alami Atasi Kaki Pecah-Pecah