Sukses

Beauty

Masalah Keputihan, Bisakah Disembuhkan & Tidak Kambuh Lagi?

Bagi kaum hawa, masalah keputihan adalah hal yang umum terjadi. Keputihan juga merupakan kondisi normal yang menandakan bahwa tubuh memberikan pertahanan untuk menjaga kesehatan organ intim.

Ciri-ciri Keputihan
Dilansir dari laman Liputan6.com, keputihan dikatakan sangat normal jika tidak berbau, tidak menyebabkan gatal-gatal, berlangsung saat masa subur, menjelang atau setelah menstruasi, berlangsung akibat penggunaan alat kontrasepsi, setelah berhubungan intim atau hamil dan tidak disertai stres juga depresi.

Namun, ketika keputihan bersifat sangat lengket (kental), berbau, disertai gatal-gatal di daerah organ intim, menyebabkan nyeri saat kencing, warnanya hijau, kuning atau keruh dan membuat organ intim terasa panas dan tidak nyaman, ini harus diwaspadai. Keputihan yang seperti ini bisa dibilang tidak normal dan bisa berisiko buruk buat kesehatan organ intim.

Keputihan, Apakah Bisa Disembuhkan?
Untuk keputihan yang normal, ahli medis mengungkapkan kondisi ini bisa disembuhkan. Tapi, tetap memerlukan waktu dan cara penyembuhan yang tidak mudah. Saat mengalami keputihan, kamu disarankan untuk tidak segan konsultasi ke ahlinya atau memeriksakan diri ke dokter.

Selain memeriksakan diri ke dokter, penyembuhan masalah keputihan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan organ intim, mengurangi stres, konsumsi air putih cukup, menerapkan pola hidup sehat, istirahat cukup dan hindari penggunaan celana dalam atau celana yang terlalu ketat.

Kamu juga bisa menggunakan pantyliner untuk menjaga kebersihan organ intim selama mengalami keputihan. Saat melakukan hubungan intim, pastikan untuk melakukannya dengan aman, hindari gonta-ganti pasangan, segera bersihkan daerah organ intim selepas berhubungan, hindari rokok, minum minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.

Jadi ladies, saat mengalami keputihan jangan terlalu panik dan segera lakukan perawatan serta pengobatan yang tepat. Jangan sungkan atau segan untuk memeriksakan diri ke dokter yang ahli di bidang ini.

(vem/mim)
;
Loading